Stimulasi

Yuk Bunda, Cermati Kecerdasan Linguistik Si Buah Hati

14-11-2020

Yuk Bunda, Cermati Kecerdasan Linguistik Si Kecil

Sejak lahir, Si Buah Hati memiliki sembilan kecerdasan majemuk yang harus selalu memperoleh rangsangan agar berkembang pesat. Satu kecerdasan Si Buah Hati yang perlu memperoleh stimulasi adalah linguistik atau bahasa. Yakni kemampuan Si Buah Hati menyusun pikiran dengan jelas dan dapat mengungkapkannya secara kompeten melalui kata-kata, baik dengan berbicara, membaca, atau menulis. Kecerdasan linguistik ini akan mendukung Si Buah Hati dalam memecahkan masalah dan juga dalam bersosialisasi.

Nah, berikut poin penting yang harus Bunda perhatikan untuk memastikan kecerdasan linguistik pada Si Buah Hati ketika berusia 3 tahun:

  1. Di usia pra-sekolah ini, Si Buah Hati sudah pandai mengungkapkan keinginan atau apa yang dipikirkannya dengan tata bahasa yang benar.
  2. Si Buah Hati memiliki kosakata yang sangat banyak. Sehingga mampu merangkai kalimat lengkap.
  3. Bunda bisa mengajak Si Buah Hati berbincang mengenai beragam topik.
  4. Si Buah Hati mudah memahami informasi yang disampaikan sesuai usianya.
  5. Si Buah Hati senang mendengarkan ketika Bunda bercerita. Bunda pun juga senang mendengarkan Si Buah Hati bercerita, karena susunan dan pemilihan katanya sangat menghibur.
  6. Si Buah Hati menunjukkan ketertarikan pada buku. Baik ketika Bunda bacakan cerita atau kala ia melihat-lihat gambar pada buku sambil pura-pura membaca.
  7. Si Buah Hati sudah mulai tertarik untuk belajar membaca dan menulis.
  8. Si Buah Hati senang bermain dengan kata-kata, misalnya teka-teki persamaan dan lawan kata.
  9. Si Buah Hati lebih mudah mempelajari bahasa, baik bahasa Indonesia, bahasa daerah, ataupun bahasa asing.

Baca juga: Cara Belajar Membaca Anak dengan Cergam Menyenangkan Lho, Bunda!

Bunda, apakah Si Buah Hati memiliki ciri-ciri di atas? Jika belum, Bunda dan Ayah tidak perlu terlalu khawatir. Kecerdasan linguistik Si Buah Hati pasti berbeda dengan anak lainnya, tergantung pada potensi dan stimulasi yang diberikan oleh lingkungan sejak lahir. Karena itu penting bagi Bunda untuk memberikan stimulasi pada Si Buah Hati, sedini mungkin.

Ada beberapa cara yang dapat Bunda lakukan untuk membantu mengembangkan kecerdasan linguistik Si Buah Hati, yaitu:

  • Sering ajak Si Buah Hati berkomunikasi. Baik Bunda banyak berbicara untuk menambah kosakata Si Buah Hati, maupun kerap mendengarkannya ketika berusaha mengutarakan keinginan dan pikirannya.
  • Bacakan cerita dari buku dan berikanlah pertanyaan sederhana kepada Si Buah Hati seputar kisah dalam buku itu. Untuk menarik minatnya, pilihlah buku sesuai tingkatan usia Si Buah Hati atau meminta dia memilih buku favorit.
  • Jika Si Buah Hati kurang tertarik ketika dibacakan buku, cobalah dengan mendongeng. Bunda bisa menggunakan beberapa properti agar lebih menarik, seperti boneka tangan atau diorama sesuai cerita yang akan dibawakan, dan lain-lain.
  • Mintalah Si Buah Hati untuk menceritakan kembali cerita atau dongeng yang Bunda bawakan.
  • Menceritakan kembali juga dapat diterapkan sewaktu Si Buah Hati selesai melakukan sebuah aktivitas tanpa Bunda bersamanya.
  • Ajaklah Si Buah Hati bermain tebak kata seperti persamaan atau lawan kata. Berikan hadiah atau poin ketika Si Buah Hati berhasil menjawabnya dengan benar.

Baca juga: Asah Kemampuan Berbahasa Si Buah Hati dengan Lagu Sederhana

Sebagai orang tua, Bunda lah yang lebih mengerti dan memahami karakteristik Si Buah Hati. Dengan demikian, Bunda pula yang lebih tahu cara mana yang tepat untuk membantunya mengembangkan kecerdasan.