Stimulasi

Yuk, Ketahui Ciri-Ciri Kecerdasan Kinestetik pada Si Buah Hati!

15-06-2022

Yuk, Ketahui Ciri-Ciri Kecerdasan Kinestetik pada Si Buah Hati!

Bunda mungkin pernah mendengar tentang kecerdasan kinestetik yang merupakan salah satu jenis kecerdasan berdasarkan teori Kecerdasan Majemuk (Multiple Intelligences) yang dikemukakan oleh psikolog Howard Gardner.

Untuk mengetahui tentang ciri-ciri kecerdasan kinestetik, Bunda dapat menyimak penjelasan berikut ini!

Berbagai Jenis Kecerdasan Manusia

Teori mengenai Kecerdasan Majemuk pertama kali diperkenalkan oleh Howard Gardner di tahun 1983 dalam bukunya ‘Frames of Minds’. Di dalamnya ia menjelaskan mengenai definisi yang lebih luas mengenai kecerdasan dan membaginya dalam delapan jenis kecerdasan, yaitu Kecerdasan Linguistik-Verbal, Kecerdasan Logika-Matematika, Kecerdasan Visual-Spasial, Kecerdasan Kinestetik-Jasmani, Kecerdasan Musikal, Kecerdasan Interpersonal, Kecerdasan Intrapersonal, dan Kecerdasan Naturalis.

Apa itu Kecerdasan Kinestetik? Jenis kecerdasan ini membuat si Buah Hati mampu menggunakan anggota tubuhnya (fisik) dengan sangat baik dalam menyelesaikan masalah. Ciri-ciri Kecerdasan Kinestetik adalah memiliki kemampuan mengontrol tubuh dengan baik, serta dapat mengekspresikan diri menggunakan fisiknya. Ia belajar dengan cara yang disebut gaya belajar taktil-kinestetik. Bergerak akan membantunya dalam mengingat sementara memegang sebuah benda akan membantunya mempelajari benda tersebut.

Baca Juga: Cara Mengoptimalkan Kecerdasan Kinestetik pada Anak 5 Tahun

Anak-anak dengan Kecerdasan Kinestetik sering disebut juga sebagai ‘body smart’ dan menyukai bekerja dengan tangan mereka, memiliki energi yang tinggi, dan kemungkinan besar juga menonjol di bidang olahraga.

Ciri-ciri Kecerdasan Kinestetik pada Si Buah Hati

Jika Bunda ingin mengetahui apakah si Buah Hati memiliki Kecerdasan Kinestetik, maka perhatikan hal-hal berikut ini:

  • Senang bergerak. Pada dasarnya, anak-anak dengan jenis kecerdasan ini senang belajar dengan melakukan sesuatu, bereksplorasi, dan mencari tahu. Bunda akan sering melihat Si Buah Hati berlarian ke sana ke mari, atau sering kali tidak bisa duduk diam saat belajar.
  • Memiliki ingatan fisik yang kuat. Kecerdasan Kinestetik membuatnya mudah mengingat sesuatu berdasarkan sentuhan atau cepat paham dalam mengingat sebuah gerakan (disebut juga sebagai muscle memory).
  • Cenderung memiliki minat/bakat yang berkaitan dengan aktivitas fisik. Si Buah Hati memiliki energi yang tinggi sehingga senang melakukan aktivitas fisik seperti olahraga, menari, atau crafting, misalnya membuat benda dari tanah liat.
  • Memiliki naluri yang bagus terhadap ruang dan waktu. Kegemaran dalam mengeksplorasi ruang dan gerak tubuh, membuat si Buah Hati dengan ciri-ciri Kecerdasan Kinestetik menjadi lincah, tangkas, dan tepat waktu.

Stimulasi untuk Perkembangan Kecerdasan Kinestetik

Untuk si Buah Hati memiliki Kecerdasan Kinestetik, Bunda bisa menerapkan cara meningkatkan Kecerdasan Kinestetik anak berikut ini agar perkembangannya optimal:

  • Lakukan aktivitas untuk mengasah sensori. Misalnya dengan melakukan latihan untuk merangsang indra perabanya dengan bermain pasir, playdough, manik-manik, air, dan lainnya.
  • Berolahraga bersama. Bisa juga dilakukan sambil bermain untuk memperkuat ingatan si Buah Hati. Dengan bergerak, jumlah oksigen yang mengalir ke otak semakin banyak dan ini membantunya untuk mengingat.
  • Mengajarkan keseimbangan. Bisa dengan cara duduk di atas bola besar atau berjalan di atas sebuah papan titian. Ini akan membentuk postur anak serta memperkuat tubuhnya.
  • Dukung ia dalam berbagai kegiatan fisik di sekolah maupun di rumah. Sediakan area untuk melakukan kegiatan favoritnya, seperti bermain bola basket atau menari.
  • Mengikutkan si Buah Hati di klub yang sesuai minat, misalnya dalam kegiatan klub olahraga, teater, robotik, kegiatan lingkungan hidup, seni, dan lainnya.

Jangan lupa, berikan juga ia asupan gizi seimbang sesuai dengan tahapan usianya, termasuk susu pertumbuhan dengan kaya manfaat. Dancow 3+ Nutritods adalah susu bubuk yang diformulasikan untuk anak dan keluarga Indonesia dengan kandungan 0 gr sukrosa, tinggi zat besi dan zink, minyak ikan, Omega-3 dan Omega- 6, dan tinggi Vitamin A dan C serta Lactobacillus rhamnosus.

Mengenal ciri-ciri Kecerdasan Kinestetik pada si Buah Hati akan membantu Bunda melakukan stimulasi yang tepat sehingga kecerdasannya akan berkembang secara optimal.