Parenting

Bunda, Inilah Cara Optimalkan Periode Emas Pertumbuhan Anak!

21-02-2022

Periode pertumbuhan anak

Bunda pasti sudah tidak asing dengan 1000 Hari Pertama Kehidupan (HPK) yang disebut sebagai periode pertumbuhan anak yang paling penting.

Disebut juga sebagai periode emas, pada 1000 HPK lah otak Buah Hati mengalami pertumbuhan yang sangat pesat. Bunda dapat membantu mengoptimalkan pertumbuhan otaknya pada periode ini dengan pola makan sehat dan asupan nutrisi yang seimbang, termasuk untuk Bunda.

Makanya, hal ini jadi penting untuk Bunda pahami. Untuk mengetahui lebih lanjut, yuk simak informasi periode pertumbuhan anak berikut ini!

Periode pertumbuhan anak pada 1000 HPK

Periode 1000 HPK si Buah Hati berlangsung mulai dari konsepsi sampai usianya mencapai dua tahun. Mengapa periode pertumbuhan anak ini sangat penting?

Pasalnya, di periode inilah terbentuk fondasi dari pertumbuhan, perkembangan syaraf, dan kesehatan yang optimal. Fondasi ini yang menjadi dasar kehidupan si Buah Hati di masa depan.

Kondisi ini bisa terjadi karena pada periode pertumbuhan anak ini, otak si Buah Hati mengalami proses pertumbuhan yang paling cepat, terutama pada trimester terakhir kehamilan sampai ia berusia dua tahun.

Pada usia kehamilan lima bulan, otak si Buah Hati masih terlihat seperti biji kopi yang halus dan mulus. Namun saat ulang tahun yang kedua, otaknya sudah tumbuh mencapai 80 persen dari otak orang dewasa.

Menurut IDAI, tumbuh-kembang si Buah Hati sebaiknya dipantau dengan seksama pada periode 1000 HPK ini. Sehingga jika ada gangguan tumbuh-kembang, maka bisa segera ditindaklanjuti. Gangguan tumbuh-kembang yang dimaksud, yakni antara lain:

 

  • Penyimpangan pertumbuhan, misalnya status gizi kurang atau buruk, tubuhnya pendek untuk usianya.
  • Penyimpangan perkembangan, misalnya terlambat bicara atau berjalan.
  • Penyimpangan mental-emosional anak, misalnya gangguan konsentrasi dan hiperaktif.

 

Mengoptimalkan Periode Pertumbuhan Emas Anak

Menurut UNICEF South Asia, 10 intervensi yang dilakukan pada periode 1000 HPK berikut ini telah terbukti dapat membantu Buah Hati untuk menjalani tumbuh-kembang yang optimal untuk meraih potensinya.

 

  1. Bunda menyusui si Buah Hati, mulai dari satu jam pertama kehidupannya, untuk membantu melindunginya dari infeksi dan risiko kematian.
  2. Bunda memberikan ASI eksklusif selama enam bulan pertama kehidupan si Buah Hati.
  3. Pemberian ASI yang dilengkapi MPASI setelah usia si Buah Hati mencapai enam bulan.
  4. Pemberian makanan yang cukup dan sesuai dengan umur si Buah Hati pada 6-24 bulan. Pastikan makanan yang diberikan bervariasi agar nutrisi yang didapatkan dari makanan juga variatif.
  5. Praktik kebersihan yang baik dan selalu mencuci tangan sebelum makan untuk mencegah kuman masuk ke dalam tubuh si Buah Hati.
  6. Pemberian suplementasi Vitamin A dan zat besi, serta pemberian obat cacing, untuk mencegah si Buah Hati mengalami defisiensi nutrisi dan melindunginya dari penyakit.
  7. Pemberian makanan kaya nutrisi yang lebih sering saat si Buah Hati sedang sakit atau saat masa pemulihan.
  8. Pemberian makanan dan perawatan yang tepat untuk membantu menyelamatkan jiwa Buah Hati yang memiliki status gizi sangat buruk.
  9. Meningkatkan asupan nutrisi bagi remaja perempuan, pola makan sehat, serta pemberdayaan untuk memastikan kecukupan nutrisi anak-anak mereka di masa depan.
  10. Memperbaiki asupan nutrisi untuk ibu hamil dan menyusui agar anak-anak mereka terlahir sehat dan mengalami tumbuh-kembang yang optimal.

 

Dari 10 cara intervensi ini, Bunda dapat melihat bahwa asupan yang kaya nutrisi, baik bagi Bunda pada masa kehamilan dan menyusui maupun bagi si Buah Hati saat ia sudah bisa mengonsumsi MPASI, sangatlah krusial pada periode pertumbuhan anak ini.

 

Sementara itu, IDAI menyarankan Bunda untuk menerapkan pola Asuh, Asih, Asah untuk memenuhi kebutuhan dasar si Buah Hati dalam periode pertumbuhan anak ini. Apa itu Asuh, Asih, Asah? Berikut jawabannya:

 

  • Asuh: Pemenuhan kebutuhan fisik-biomedis, termasuk pemberian ASI, nutrisi yang sesuai, kelengkapan imunisasi, pengobatan bila anak sakit, tempat tinggal yang layak, kebersihan diri dan lingkungan, rekreasi, dan bermain.
  • Asih: Pemenuhan kebutuhan emosi dan kasih sayang.
  • Asah: Pemenuhan kebutuhan stimulasi mental yang merupakan dasar dari proses belajar si Buah Hati.

 

Begitu pentingnya asupan nutrisi pada 1000 HPK si Buah Hati, maka setelah ia berusia satu tahun, Bunda dapat membantu memenuhi kebutuhan nutrisinya dengan pemberian susu pertumbuhan DANCOW 1+ Nutritods.

Susu pertumbuhan ini diformulasikan untuk anak usia 1-3 tahun, dengan kandungan 0 gram sukrosa, tinggi kalsium, protein, minyak ikan, omega-3 dan 6, serat pangan inulin, dan mikronutrien lainnya, serta Lactobacillus rhamnosus.

Setelahnya, lanjutkan dengan pemberian DANCOW 3+ Nutritods yang mengandung 0 gram sukrosa, tinggi zat besi, zink, minyak ikan, omega-3 dan 6, serat pangan, tinggi Vitamin A dan C, dan mikronutrien lainnya, serta Lactobacillus rhamnosus.

Bunda juga bisa mendapatkan inspirasi pola makan yang sehat dan kaya nutrisi untuk si Buah Hati melalui Piring Nutrisi Dancow. Dengan demikian, Bunda menjadi lebih yakin bahwa kebutuhan nutrisi si Buah Hati dapat tercukupi pada periode pertumbuhan anak ini.

 

Referensi: