Parenting

5 Cara Meningkatkan Kecerdasan Sosial Si Buah Hati Sejak Dini

15-06-2022

5 Cara Meningkatkan Kecerdasan Sosial Si Buah Hati Sejak Dini

Pada masa kanak-kanak awal, yaitu usia 0-6 tahun, tumbuh-kembang si Buah Hati akan berlangsung dengan cepat pada empat aspek, salah satunya adalah sosial-emosional. Aspek ini berkaitan dengan cara ia mengatur emosinya agar dapat bergaul dengan orang lain di lingkungannya dengan baik.

Cara meningkatkan kecerdasan sosial-emosional berikut ini dapat Bunda terapkan agar si Buah Hati dapat mengembangkannya dengan optimal sesuai dengan potensi yang dimilikinya. Penasaran? Berikut info lengkapnya!

Pentingnya Kecerdasan Sosial-Emosional pada Anak Usia Prasekolah

Kecerdasan sosial dan emosional dijadikan satu kesatuan karena keduanya saling mempengaruhi. Secara sederhana, penjelasan mengenai apa itu kecerdasan sosial adalah kemampuan seseorang untuk berinteraksi dan membina hubungan dengan orang lain. Sedangkan kecerdasan emosional adalah kemampuan seseorang mengatur emosi dan tingkah laku.

Kemampuan si Buah Hati mengatur emosi dan menjaga kondisi mentalnya, sebagai bagian dari kecerdasan emosional, akan menjadi dasar untuk berinteraksi dengan orang lain. Sebaliknya, rangsangan dan interaksi sosial yang dialami oleh si Buah Hati akan berpengaruh kepada kondisi emosinya.

Buah Hati yang memiliki kecerdasan sosial-emosional akan dapat:

  • Membentuk dan memiliki hubungan yang positif dengan orang lain.
  • Merasakan, mengatur, dan mengekspresikan emosi.
  • Terlibat dengan lingkungannya.

Sebuah hasil penelitian menyebutkan bahwa anak yang memiliki kecerdasan sosial-emosional pada saat di Taman Kanak-Kanak berkaitan dengan hasil yang positif saat ia berusia 25 tahun. Bentuknya adalah kesuksesan menyelesaikan pendidikan sampai jenjang sarjana, mendapatkan pekerjaan setelah lulus kuliah, dan terhindar dari masalah-masalah hidup secara umum, misalnya masalah kriminal dan masalah hubungan asmara.

Baca Juga: Cara Meningkatkan Kecerdasan Otak Anak

Lima Cara Meningkatkan Kecerdasan Sosial-Emosional si Buah Hati

Kabar baiknya adalah aspek sosial-emosional seseorang dapat diajarkan dan dikembangkan sejak masa kanak-kanak. Karena itu, jika Bunda ingin si Buah Hati tumbuh menjadi seseorang dengan kecerdasan sosial-emosional, maka sekarang adalah saat yang tepat untuk meningkatkannya. Cara meningkatkan kecerdasan sosial anak berikut ini dapat Bunda terapkan, dibarengi dengan meningkatkan kecerdasan emosionalnya.

  • Menjadi panutan yang baik

Tingkah laku anak-anak biasanya merupakan hasil meniru dari orang dewasa terdekatnya, yaitu orang tua, pengasuh, dan guru. Jika Bunda memberikan contoh yang baik dalam berinteraksi, berkomunikasi, menolong orang lain, berbagi perasaan, dan mengelola emosi, maka si Buah Hati akan memiliki pemahaman yang baik mengenai aspek sosial dan emosional.

  • Membiasakan untuk berkomunikasi

Berkomunikasi yang baik tak hanya dinilai dari kemampuan si Buah Hati untuk menyampaikan apa yang ia rasakan dan pikirkan, tapi juga kemampuan untuk mendengarkan. Dengan mendengarkan secara aktif, ia akan dapat menyerap dan memahami apa Bunda sampaikan, sehingga dapat memberi respons yang sesuai.

  • Menjaga kontak mata

Cara meningkatkan kecerdasan sosial ini perlu dilatih karena kontak mata merupakan bagian penting dalam berkomunikasi. Ajarkan si Buah Hati untuk menatap mata orang yang mengajaknya bicara dan tidak menatap lantai atau langit-langit, misalnya. Jika ia termasuk anak yang pemalu, maka selalu ingatkan dengan lembut agar melakukan kontak mata. Berikan juga pujian jika ia berhasil melakukannya.

  • Memberi pilihan

Kemandirian yang dimiliki si Buah Hati untuk memilih saat mencari solusi dari sebuah masalah merupakan faktor penting dalam kecerdasan sosial-emosionalnya. Ini membuat si Buah Hati untuk tidak egois dan terbiasa untuk bekerja sama dengan orang lain dan bernegosiasi saat memecahkan masalah.

  • Melatih berempati

Menguasai kemampuan untuk berempati sangat penting dalam cara meningkat kecerdasan sosial-emosional, karena si Buah Hati menjadi paham bahwa apa yang ia lakukan dapat mempengaruhi emosi orang lain. Mulailah dengan melatih si Buah Hati untuk mengenali perasaan dan emosinya sendiri, diikuti dengan mengekspresikannya dengan tepat. Setelah ia menguasai hal ini, baru Bunda bisa melatihnya untuk berempati.

Tips meningkatkan kecerdasan sosial anak ini tentu tidak dapat memberi hasil yang instan karena si Buah Hati butuh waktu dan energi untuk mempelajarinya. Untuk memastikan proses belajarnya tidak terganggu, pastikan bahwa asupan gizinya sudah lengkap dan seimbang. Bunda bisa memberikan Dancow 5+ Nutritods untuk memastikan kebutuhan gizinya sehari-hari dapat tercukupi.

Dancow 5+ Nutritods merupakan susu bubuk yang mengandung 0 gram sukrosa serta nutrisi esensial berupa Vitamin B6, B12, dan Biotin, minyak ikan (DHA) serta asam lemak Omega-3 dan Omega-6 sebagai sumber DHA, juga tinggi Vitamin C dan zink ditambah Lactobacillus rhamnosus.

Menerapkan cara meningkatkan kecerdasan sosial-emosional si Buah Hati sejak dini akan membantunya meraih kesuksesan di masa depan.