Stimulasi

8 Langkah Sukses Cara Mengajari Anak Belajar Menulis

13-11-2020

8 Langkah Sukses Cara Mengajari Anak Belajar Menulis

Memasuki usia prasekolah, Si Buah Hati bisa mulai mengasah kemampuan motorik halusnya. Kemampuan ini akan dibutuhkan ketika ia mulai belajar menulis (pre-writing skills). Bagaimana cara mengajari anak belajar menulis? 

Keterampilan yang bisa mulai diasah di antaranya, belajar menarik garis, menggambar lingkaran,dan menghubungkan titik-titik. Mewarnai juga menunjang perkembangan keterampilan ini.

Pilihlah alat tulis dengan pegangan gemuk agar lebih mudah dipegang oleh Si Buah Hati. Ciptakan suasana menyenangkan bagi Si Buah Hati untuk menstimulasi kemampuan menulisnya. 

Misalnya, dilakukan dalam suasana bermain dan menyenangkan. Tanamkan kebiasaan dalam cara mengajari anak belajar menulis tidak harus kaku dan membosankan. Bunda juga bisa merangsangnya belajar menulis dengan menuliskan pesan pada secarik kertas setiap hari untuk Si Buah Hati. 

Bacakan pesan itu, dan kemudian ajak Si Buah Hati untuk menuliskan pesan untuk Bunda. Gunakan kertas atau materi yang menarik perhatiannya, seperti kertas dan spidol berwarna. Nah, untuk lebih menarik, sediakan papan untuk menempelkan pesan-pesan itu.

Panduan dan cara mengajari anak belajar menulis berikut ini bisa membantu Bunda untuk menstimulasi kemampuan menulis anak :

1. Ada Perlengkapan Menulis

Sediakan material atau perlengkapan menulis yang bervariasi. Alat tulis aneka warna dan kertas bergambar yang disukai Si Buah Hati akan memotivasinya untuk berlatih.

2. Sediakan Tempat Khusus

Buatlah sebuah tempat di rumah yang khusus jika Si Buah Hati ingin menulis. Tempat yang nyaman serta aman dari gangguan.

3. Pastikan Ada Tujuan

Ajak Si Buah Hati untuk menulis dengan berbagai tujuan, misalnya menuliskan daftar belanja, menuliskan kebutuhannya sehari-hari, atau menuliskan pesan harian untuk semua anggota keluarga

4. Jadikan Hadiah

Menjadikan tulisan sebagai hadiah. Ajak Si Buah Hati untuk menuliskan sebuah cerita yang akan dijadikan sebagai hadiah ulang tahun atau perayaan lainnya.

5. Membuat Jurnal

Membuat jurnal untuk Si Buah Hati. Bunda bisa memberikan hadiah ulang tahun untuk Si Buah Hati berupa catatan jurnal hariannya untuk dibaca bersama. Cara mengajari anak menulis ini akan membuatnya ingin melakukan hal yang sama.

6. Lebih Kreatif

Mengasah kemampuan menulis Si Buah Hati juga bisa dilakukan dengan berbagai cara, tak hanya mengandalkan alat tulis. Misalnya, Bunda bisa mengajaknya bermain di halaman, kemudian ambil sebuah ranting pohon. 

Ajak Si Buah Hati menuliskan namanya atau nama saudaranya di atas tanah dengan menggunakan ranting tersebut.

7. Kenali Kesukaan Si Buah Hati

Kenali apa yang menarik bagi Si Buah Hati, lalu jadikan sebagai materi menulis. Misalnya, Si Buah Hati suka dengan alat-alat transportasi, maka Bunda bisa mengajaknya untuk menggambarkan sebuah mobil dan menuliskan nama benda itu di bawahnya.

8. Sering Mengajak Si Buah Hati Berbincang 

Apa hubungan berbincang dengan kemampuan menulis Si Buah Hati? Kebiasaan ini akan menstimulasi potensi pancaindra Si Buah Hati dan berguna untuk menambah perbendaharaan kosa katanya. 

Kemampuan berkomunikasi yang baik akan menjadi bekal bagi Si Buah Hati untuk berlatih menulis. Hal ini juga akan memudahkan Bunda untuk memberikan penjelasan kepada Si Buah Hati tentang berbagai bentuk yang akan ditiru atau digambarnya.

Hal penting yang juga harus diingat adalah tidak memaksa Si Buah Hati untuk belajar menulis karena akan membuatnya trauma dan justru tak mau melakukannya. Ciptakan suasana menyenangkan, maka dengan sendirinya akan membuat Si Buah Hati melakukannya dengan gembira.

Itu tadi cara mengajari anak belajar menulis yang ampuh dan menyenangkan. Untuk mendukung kemampuannya, Bunda juga bisa menyediakan pelengkap nutrisi, seperti Susu DANCOW 3+ Nutritods. Ini adalah susu pertumbuhan yang diformulasi untuk usia prasekolah 3-5 tahun, mengandung 0 gram sukrosa, tinggi zat besi, zink, minyak ikan, omega 3 & 6, serat pangan, tinggi vitamin A & C dan mikronutrien lainnya, serta Lactobacillus rhamnosus.