Parenting

3 Cara Menyenangkan Buah Hati Belajar Membaca

10-11-2020

Cara Belajar Membaca Anak dengan Cergam Menyenangkan Lho, Bunda!

Menumbuhkan kecintaan membaca buku pada si Kecil merupakan bagian dari pola pengasuhan yang tepat. Tidak hanya mendukung proses belajar dan aksi cerdasnya, tapi kebiasaan ini akan dibawa hingga dewasa saat bersosialisasi dalam masyarakat. 

 

Salah satu cara mengajari anak membaca atau menstimulasi anak untuk belajar membaca adalah dengan memberikan buku bergambar yang menarik minatnya. Berikut ini cara menyenangkan buah hati belajar membaca yang perlu Bunda ketahui. 

 

1. Sediakan Buku-Buku

Salah satu cara belajar membaca paling efektif adalah dengan menciptakan lingkungan membaca di sekitar Si Buah Hati. Sediakan beberapa buku bergambar yang menjadi favoritnya dan letakkan di tempat-tempat yang mudah dijangkau. 

 

Selang beberapa hari, rotasi buku agar dia tidak mudah bosan dan dukung stimulasi minat membacanya. Sambil membacakannya cerita, tunjukkan gambar, huruf, maupun kata-kata yang ada dalam buku untuk meningkatkan kemampuan bahasanya.

 

2. Buka Komunikasi dengan Si Buah Hati

Bicarakan dengan Si Buah Hati soal buku yang sedang dibaca bersama-sama. Tunjuk gambar dan nama yang ada di dalamnya. Pancing rasa ingin tahunya dengan menanyakan padanya tentang bagian favorit dari buku ceritanya. 

 

Jika dia mempunyai pertanyaan, jawab dengan sejelas-jelasnya menggunakan bahasa yang mudah dipahami. Cara belajar membaca ini juga dapat meningkatkan kemampuan memori maupun atensi.

 

3. Pilih Buku yang Sesuai

Sesuaikan buku yang dipilih dengan tahapan usia prasekolah. Umumnya, didominasi dengan gambar warna-warni, tokoh karakter yang menarik, kalimat pendek-pendek, serta cenderung berima atau bersajak. 

 

Dukung eksplorasinya dengan memberikan buku dongeng rakyat yang mengajarkan nilai moral, seperti dongeng Si Kancil atau kisah Bawang Merah dan Bawang Putih. Bisa juga dengan memilihkan dongeng-dongeng terkenal dari mancanegara, misalnya Pinokio.

 

Selain stimulasi dengan sering membaca buku, Si Buah Hati juga memerlukan nutrisi untuk mengembangkan kemampuannya. Bunda bisa menambahkan minuman pelengkap gizi Si Buah Hati seperti DANCOW 3+ Nutritods. Produk DANCOW ini merupakan susu pertumbuhan yang diformulasi untuk usia prasekolah 3-5 tahun. Kelebihannya adalah  mengandung 0 gram sukrosa, tinggi zat besi, zink, minyak ikan, omega 3, omega 6, serat pangan, tinggi vitamin A, vitamin  C, Lactobacillus rhamnosus, serta mikronutrien lainnya. 


Semua kandungan yang disebutkan tadi dibutuhkan tubuh dan otak anak selama masa tumbuh kembang. Selain itu, Bunda juga harus menanamkan kebiasaan membaca sejak dini untuk mendukung tumbuh kembang Si Buah Hati.