Parenting

Bunda, Bantu Si Buah Hati Menemukan Minatnya Lewat 4 Kegiatan Eksplorasi Seru Ini!

21-04-2021

Cara mendidik anak mempengaruhi minat Si Buah Hati

Bagaimana cara mendidik anak yang Bunda terapkan di rumah untuk mengembangkan minat Si Buah saat ini? Sebelum dapat mengembangkan minat anak, tentu Bunda harus mengenali terlebih dahulu apa sebenarnya minat Si Buah Hati. Seiring bertambahnya usia, Si Buah Hati mungkin sudah menunjukkan ketertarikan melakukan berbagai aktivitas. Ini adalah kesempatan yang bagus untuk Bunda mengenali dan menggali minat Si Buah Hati di usia Prasekolah, sehingga saat Si Buah Hati bertambah besar, ia pun dapat mengenali minatnya menjadi apa yang ia inginkan dan membuat #BundaBangga.

 

Untuk mendidik anak agar ia bisa memahami kegiatan mana yang ia senangi, Bunda perlu memberikannya banyak kesempatan untuk mencoba bermacam-macam aktivitas. Bunda tetap bisa mengajak Si Buah Hati asyik bereksplorasi dengan melakukan berbagai kegiatan seru meski hanya dari rumah saja, lho. Yuk, kenali dan gali minat Si Buah Hati sejak usia dini lewat beberapa ide eksplorasi seru di rumah berikut ini.

 

1. Permainan Pura-Pura (Pretend Play)

image

Dalam permainan ini, Bunda bisa mengajak Si Buah Hati berpura-pura melakukan berbagai profesi. Misalnya menjadi dokter, polisi, koki, penjual di toko, dan profesi lainnya. Permainan pura-pura penting bagi perkembangan anak karena permainan ini mengasah kemampuan kognitif Si Buah Hati. Tak hanya kemampuan kognitif, lewat permainan pura-pura ini Si Buah Hati juga bisa mengembangkan potensi kemampuan bahasa, sosial, dan emosionalnya.

 

2. Membantu Bunda Memasak atau Membuat Kue

image

 

Selain memperkenalkan Si Buah Hati kepada dunia masak-memasak, melibatkan anak untuk membantu Bunda merupakan salah satu cara mendidik anak agar ia terbiasa memiliki kemampuan dan pengetahuan seputar memasak dan makanan sehat sejak dini. Ini karena menurut penelitian, usia terbaik untuk mempelajari sebuah keterampilan adalah sejak masa kanak-kanak. Efek positif lainnya dari mengajak Si Buah Hati memasak adalah meningkatkan rasa percaya diri Si Buah Hati. Bunda bisa mengajak Si Buah Hati melakukan hal-hal yang mudah seperti mencuci sayur dan buah, menaburkan topping pada kue, dll.

 

Baca Juga: Saat yang Tepat Mendidik Si Buah Hati Membaca

 

3. Menggambar dengan Berbagai Alat

image

Menggambar bisa jadi salah satu eksplorasi untuk melihat minat Si Buah Hati terhadap seni. Namun, tak hanya sekedar menggambar menggunakan peralatan gambar yang umum seperti pensil warna atau krayon, Bunda bisa mengajak Si Buah Hati bereksplorasi dengan menggambar menggunakan benda-benda yang ada di sekitar rumah. Misalnya menggunakan busa pencuci piring, cetakan kue, daun-daun kering, dll. Menggambar dengan berbagai media punya banyak manfaat, mulai dari mengasah kreativitas Si Buah Hati, mengasah kemampuan bahasa, hingga meningkatkan motivasi anak untuk mempelajari sesuatu.

 

4. Melakukan Percobaan Sederhana

image

Sejak usia dini Bunda juga sudah bisa memperkenalkan berbagai percobaan sederhana kepada Si Buah Hati. Siapa tahu Si Buah Hati memiliki minat terhadap sains. Eksplorasi yang bisa dilakukan misalnya memasukkan air dan minyak ke dalam gelas untuk mengetahui bahwa air dan minyak tidak bisa tercampur. Melakukan percobaan sains sederhana akan merangsang rasa ingin tahu akan suatu hal, selain itu Si Buah Hati juga dapat mengasah kemampuan kognitifnya saat melakukan berbagai percobaan sederhana.

 

Setelah melakukan berbagai kegiatan eksplorasi yang seru, perhatikan baik-baik dan lihat kegiatan mana yang disenangi Si Buah Hati. Sebagai catatan, minat Si Buah Hati tentu tak bisa langsung terlihat hanya setelah melakukan satu kegiatan tertentu melainkan dilihat dari pola aktivitas-aktivitas apa yang sering ia pilih dalam jangka panjang. Namun jika setelah jangka waktu tertentu Si Buah Hati tak menunjukkan minat terhadap kegiatan yang Bunda persiapkan, jangan khawatir. Bunda bisa mencoba lagi kegiatan lainnya untuk membantu anak menemukan minatnya dan menggali potensinya.

 

Bunda bisa melindungi eksplorasi Si Buah Hati agar ia bebas menjadi apa yang ia mau dan membuat #BundaBangga dengan memastikan Si Buah Hati mendapatkan asupan nutrisi yang cukup tiap harinya. DANCOW Nutritods 3+ dengan kandungan 0 gram sukrosa, lebih banyak laktosa dibandingkan formula sebelumnya, tinggi zat besi, zink, minyak ikan, omega 3 & 6, serat pangan, tinggi vitamin A & C dan mikronutrien lainnya, serta Lactobacillus rhamnosus. Bersama DANCOW, Bunda telah membantu langkah eksplorasi Si Buah Hati di usia Prasekolah.

 

Selain lewat eksplorasi berbagai kegiatan seru untuk mengenali minat anak sejak dini serta pemberian nutrisi yang cukup, Bunda juga bisa mendukung Si Buah Hati menjadi apa yang ia mau dengan mengikuti #GebyarEksplorasi! Bunda berkesempatan menang Tabungan Bekal Eksplorasi senilai total miliaran rupiah untuk bantu wujudkan impian Si Buah Hati dan membuat #BundaBangga! Klik di sini untuk mengetahui caranya.