Nutrisi

Inspirasi Bekal Sehat dari Olahan Susu untuk Si Kecil

04-11-2020

Kreasi Makanan Sehat untuk Kurangi Risiko Anak Mencret

Kira-kira menu bekal sehat apa ya, yang bisa dibuat dengan mudah untuk Si Kecil? Nah, Bunda bisa coba membuatkan menu yang terbuat dari olahan susu. Seperti Bunda ketahui, susu dapat membantu melengkapi kebutuhan nutrisi harian Si Kecil, karena mengandung protein, kalsium, probiotik, serta berbagai vitamin dan mineral. Dengan asupan nutrisi yang cukup dan juga kebersihan lingkungan yang terjaga, Bunda dapat mendukung perlindungan kesehatannya. Salah satunya, dari risiko penyakit diare yang menyebabkan anak mencret

 

Penasaran, bagaimana caranya mengolah susu menjadi kreasi menu bekal yang menarik? Yuk, simak inspirasinya di bawah ini, Bunda!

  1. Oatmeal Susu dan Buah

Mau membuat bekal yang praktis untuk Si Kecil? Nah, menu ini bisa jadi salah satunya. Bunda bisa siapkan menu ini pada malam hari untuk disantap keesokan paginya. Campurkan oatmeal, susu, potongan buah-buahan, dan setengah sendok teh ekstrak vanila dalam satu mangkuk. Tutup mangkuk, masukkan ke dalam lemari es, dan biarkan dingin sampai keesokan paginya. Menu ini dapat membantu memadatkan feses saat anak mencret , sebab oatmeal dan buah-buahan mengandung serat larut yang dapat membantu menyerap kelebihan cairan di saluran pencernaannya. 

 

  1. Bola-bola Cokelat Kelapa

Camilan ini bisa jadi alternatif menu bekal yang sehat untuk Si Kecil. Tumbuk biskuit hingga jadi serpihan kecil, campur dengan susu dan cokelat bubuk, lalu aduk hingga rata. Gunakan sendok atau tangan untuk membentuk adonan menjadi bola-bola kecil, taburkan parutan kelapa, dan masukkan ke dalam lemari es selama 15 menit.

 

  1. Puding Tahu Cokelat

Bunda bisa mencoba menu unik yang relatif mudah dibuat di rumah ini untuk bekal sehat Si Kecil. Bahan yang dibutuhkan untuk menu ini adalah tahu sutera , cokelat bubuk, gula cair, dan susu cair. Campurkan bahan-bahan ini menggunakan blender atau food processor. Setelah itu, campurkan dengan satu bungkus agar-agar (tanpa perasa/plain), lalu masak sampai mendidih. Tuang adonan puding ke cetakan. Sajikan setelah adonan puding dingin dan teksturnya berubah menjadi kenyal.

 

  1. Milk Shake Jeruk

Selain bekal makanan, dengan bahan susu Bunda juga dapat membuat kreasi minuman sehat yang menyegarkan dahaga. Caranya, masukkan es batu, susu cair, air perasan jeruk, madu, dan yoghurt, ke dalam blender. Lalu, Bunda hanya perlu menghaluskan campuran ini sampai teksturnya lembut. Tuangkan milk shake ke dalam tumbler favorit Si Kecil sebagai bekal di perjalanan.

 

Dari beberapa menu bekal di atas, mana yang mau Bunda buatkan untuk Si Kecil? Pastikan Bunda membuatkan bekal dari bahan makanan atau minuman yang bergizi. Dengan begitu, asupan nutrisinya tetap dapat tercukupi, meski ia asyik bermain dan bereksplorasi di tempat yang seru.

 

Bantu lengkapi asupan nutrisi Si Kecil dengan menyiapkan susu pertumbuhan atau menambahkannya ke dalam menu bekalnya. DANCOW Advanced Excelnutri+ 3+ merupakan susu pertumbuhan anak usia 1-3 tahun yang mengandung protein, kalsium, vitamin (A, D, E, K, C), selenium, zink, omega 3 (ALA), omega 6 (LA), dan  Lactobacillus rhamnosus, serta serat pangan inulin, untuk membantu optimalkan tumbuh kembang Si Kecil.

 

Semoga, beberapa inspirasi menu bekal di atas, dapat membantu Bunda mencukupi kebutuhan gizi Si Kecil saat ia sedang jalan-jalan atau liburan. Dengan memastikan asupan gizinya tercukupi, Bunda dapat mendukung daya tahan tubuhnya agar ia tidak mudah sakit, seperti diare dengan gejala anak mencret . Jadi, Bunda tak perlu ragu lagi katakan #IyaBoleh  pada Si Kecil agar ia makin semangat untuk bereksplorasi!