Stimulasi

Asah Kepekaan Suara Lewat Permainan Cilukba

09-11-2020

Asah Kepekaan Suara Lewat Permainan Cilukba

Bunda mana? Cilukba!

Familiar dengan permainan ini? Cilukba adalah permainan paling sederhana yang bisa Bunda dan Ayah lakukan, sembunyikan wajah dari bayi, menunggu beberapa saat, kemudian muncul dengan senyum lebar sambil berkata, “cilukba”. Selain menstimulasi senyum dan tawa lebar di wajah si Kecil, cilukba mempunyai manfaat bagi proses belajar dan tumbuh kembangnya.

Simak penjelasanya berikut ini ya, Bunda:

Cilukba Bagi Si Kecil

Buat orang dewasa, permainan cilukba bisa jadi membosankan, karena melakukan hal yang sama berulang-ulang. Tapi beda dengan pemikiran si Kecil. Saat menyembunyikan wajah, mereka berpikir Bunda benar-benar hilang, kemudian muncul lagi sebagai elemen kejutan. Cilukba membantu si Kecil melatih kemampuan atensi dan memori.

Menentukan Screen Time?

Terkadang dalam dunia parenting, ada tekanan tertentu untuk membuat si Kecil terhibur. Saking bingungnya, Bunda menyerah pada godaan TV atau gadget dan menyalakannya untuk menyenangkan si Kecil. Padahal, melalui permainan sesederhana cilukba, tidak perlu usaha keras untuk memancing senyum dan tawa di wajahnya.

Melatih Kepekaan Suara

Melakukan cilukba dari berbagai sudut dapat melatih kepekaan suara si Kecil. Pertama, tutup-buka wajah di hadapannya, kemudian lakukan lagi dari sebelah kiri atau kanannya dan biarkan mencari asal suara yang didengarnya. Kegiatan sederhana ini mendukung stimulasi kemampuan atensi dan memori, sekaligus menguatkan otot leher dan melatih koordinasi mata.

Tips Bagi Orang Tua

Ada beberapa faktor yang harus diperhatikan sebelum melakukan cilukba, seperti tunda jika si Kecil terlihat mengantuk, lelah, atau lapar karena malah membuatnya makin rewel dan menangis. Bersabarlah jika reaksi yang diberikan tidak sesuai harapan Bunda karena anak masih belajar mencerna informasi baru, dan jangan menggunakan suara yang terlalu keras atau mengguncang tubuhnya karena akan membuatnya kaget dan rewel.

Pengulangan adalah bagian penting dari proses belajar si Kecil, jadi bersiap-siaplah untuk melakukan cilukba secara terus menerus ya, Bunda.