Parenting

Dukung Si Buah Hati yang Sedang Belajar Sepeda Keseimbangan dengan Cara Ini

24-08-2021

Anak Belajar Sepeda Keseimbangan

Tahukah Bunda, kalau belajar sepeda keseimbangan ternyata lebih disarankan dibanding belajar sepeda roda tiga untuk Si Buah Hati? Sepeda keseimbangan atau yang dikenal sebagai balance bike membantu Si Buah Hati belajar mengatur keseimbangan serta mempersiapkannya lebih baik untuk dapat mengendarai sepeda roda dua nantinya. Menggunakan sepeda keseimbangan juga membantu melatih kemampuan koordinasi dan kepercayaan diri Si Buah Hati. Bunda mungkin khawatir bagaimana jika nanti Si Buah Hati jatuh atau menabrak benda di sekitarnya saat mengendarai sepeda keseimbangan karena ia belum mampu menggunakan atau mengendalikan sepeda dengan baik. Namun jika tidak dilatih, bagaimana Si Buah Hati bisa jadi lebih mahir mengendarai dan mengendalikan sepeda? 

Meski awalnya Si Buah Hati mungkin belum mahir belajar sepeda keseimbangan, namun ia tetap harus didukung sepenuh hati ya, Bunda. Ia perlu terus didukung agar jadi lebih percaya diri mengendarai sepeda keseimbangan sehingga dapat mengasah potensinya. Siapa tahu bakatnya ternyata menjadi atlet balap sepeda di kemudian hari? Nah, supaya Bunda tidak terlalu khawatir saat Si Buah Hati belajar menggunakan sepeda keseimbangan, Bunda dapat lakukan persiapan berikut ini.

  1. Pilih Sepeda Keseimbangan yang Tepat

image

Keseimbangan adalah salah satu kemampuan yang diperlukan Si Buah Hati untuk berhasil menyelesaikan kegiatan fungsional termasuk gerak lokomotor dalam melakukan aktivitas sehari-hari, misalnya bermain, berlari dan melompat. Dengan menggunakan sepeda keseimbangan yang tepat, Si Buah Hati tentu dapat melatih keseimbangannya. Untuk itu, Bunda perlu memilih sepeda yang memang cocok untuk Si Buah Hati ya. Seperti sepeda pada umumnya, sepeda keseimbangan memiliki berbagai ukuran. Faktor paling penting dalam memilih sepeda keseimbangan adalah tinggi sepeda. Pastikan Bunda memilih sepeda dengan tinggi yang memungkinkan kaki Si Buah Hati menjejak permukaan tanah dengan rata, karena ia akan menggunakan kakinya untuk menjalankan dan memberhentikan sepeda. Jadi jika kakinya tak menyentuh tanah, berarti sepeda yang tersebut terlalu tinggi untuk Si Buah Hati.

  1. Pilih Area yang Aman

image

Saat Si Buah Hati belajar sepeda keseimbangan, pastikan ia berlatih di tempat yang sepi ya, Bunda. Jangan biarkan ia main di area yang banyak kendaraan berlalu-lalang. Selain itu, pastikan juga jalanan yang dilewati Si Buah Hati datar dan rata, tidak berbatu atau banyak tanjakan dan turunan. Hal ini tentu untuk menjaga keamanan Si Buah Hati saat sedang belajar sepeda keseimbangan.  

 

Baca Juga: Latih Kemampuan Motorik Si Buah Hati Usia 3 Tahun dengan Belajar Naik Sepeda

 

3. Pakai Helm

image

Saat Si Buah Hati belajar sepeda keseimbangan, sebaiknya lengkapi peralatan main sepedanya dengan helm ya Bunda. Selain itu, gunakan baju yang longgar dan pasangkan sepatu Si Buah Hati. Karena saat menggunakan sepeda keseimbangan, Si Buah Hati mengandalkan kakinya untuk mengayuh jadi pastikan ia menggunakan alas kaki yang nyaman untuk membantu pergerakannya. Dengan begitu, Si Buah Hati pun jadi lebih aman saat belajar mengendarai sepeda dan tidak membuat Bunda khawatir.

4. Pakai Masker

image

Jika Si Buah Hati bermain sepeda di taman dekat rumah, sebaiknya pasangkan juga masker pada Si Buah Hati sebagai langkah pengamanan. Setelah Si Buah Hati selesai bermain dari luar, jangan lupa ajak anak untuk mencuci tangan menggunakan sabun ya, Bunda. Menjaga kebersihan di tengah kondisi seperti saat ini penting untuk dilakukan, apalagi jika Si Buah Hati bermain di luar area rumah.

Agar Si Buah Hati bisa belajar sepeda keseimbangan dengan sesuka hati sambil mengeksplorasi lingkungan di sekitarnya, pastikan kebutuhan nutrisinya tercukupi ya. Untuk bantu lindungi langkah eksplorasinya di luar rumah, Bunda bisa memberikan DANCOW 3+ Nutritods. DANCOW 3+ Nutritods mengandung 0 gram Sukrosa, tinggi Zat Besi, Zink, Omega 3 & 6, Minyak Ikan, tinggi Vitamin A & C, serta Lactobacillus rhamnosus.

Saat Si Buah Hati sedang berusaha belajar sepeda keseimbangan atau balancing bike, sebaiknya Bunda tidak membanding-membandingkan kemampuan Si Buah Hati dengan anak lain seusianya. Kalaupun Si  Buah Hati belum bisa naik sepeda dengan baik, Bunda perlu terus mendukungnya karena langkah eksplorasi Si Buah Hati dimulai dari sini