Stimulasi

Latih Kemampuan Bahasa Si Buah Hati untuk Optimalkan Periode Emasnya

24-08-2021

Kembangkan kemampuan bahasa di periode emas anak

     Periode emas anak berlangsung hingga Si Buah Hati berusia 5 tahun. Di periode ini Si Buah Hati akan banyak belajar keterampilan dan kemampuan sosial serta emosional yang bermanfaat untuk masa depannya. Di periode ini pula Si Buah Hati mengalami tumbuh kembang yang pesat. Inilah mengapa pada periode emas, Si Buah Hati menunjukkan berbagai kemampuan, salah satunya kemampuan bicara yang berkembang pesat. Untuk Si Buah Hati yang berusia mulai dari 3-5 tahun, biasanya sudah mampu mengucapkan kalimat dengan empat atau lebih kata, bisa menjawab pertanyaan sederhana, bisa berbicara dengan lancar, menggunakan kalimat dengan banyak detail, menggunakan kata yang berima, mendengarkan cerita dan menjawab pertanyaan sederhana terkait cerita, hingga membuat cerita sederhana.  Pada periode ini, jumlah kosakata yang dikuasai Si Buah Hati pun melonjak tajam hingga sekitar 300-1.500 kata.

Saking pesatnya perkembangan kemampuan bicara Si Buah Hati yang terjadi pada periode emas anak, terkadang Bunda sebagai orang tua mungkin jadi kewalahan dalam merespon dan menjawab berbagai ucapan dan pertanyaan anak. Meskipun kemampuan bahasa Si Buah Hati belum terlalu sempurna, masih ada salah pengejaan atau penggunaan tata bahasa yang masih kurang tepat, Bunda tetap perlu mendukungnya. Bisa saja Si Buah Hati memiliki potensi menjadi pembawa acara, pembawa berita, atau pun menjadi pengisi suara, lho! Untuk itu, kemampuan bahasa Si Buah Hati harus terus dikembangkan agar langkah eksplorasi Si Buah Hati juga bisa jadi lebih optimal untuk memaksimalkan potensinya. Agar kemampuan bahasa Si Buah Hati terus berkembang, Bunda bisa melakukan beberapa aktivitas seru berikut ini di rumah.

  1. Menebak Kata yang Hilang

image
 

Salah satu kegiatan seru yang bisa membantu mengasah kemampuan bahasa Si Buah Hati pada fase periode emas anak adalah bermain menebak kata. Bunda bisa memperlihatkan kartu bergambar benda atau hewan yang sudah dituliskan nama benda atau hewan di masing-masing kartu. Kemudian perlihatkan beberapa kartu bergambar tersebut, minta Si Buah Hati menutup mata dan sembunyikan salah satu kartu bergambar. Mintalah Si Buah Hati menebak kartu bergambar mana yang hilang.

 

  1. Bermain Rima

image

 

Bermain rima juga dapat mengasah kemampuan bahasa Si Buah Hati yang berada di fase periode emas anak. Perkenalkan Si Buah Hati dengan kata-kata yang berima, misalnya ular, melingkar, di pagar, berputar, dll. Kemudian mintalah Si Buah Hati untuk menyebutkan kata-kata tersebut. Sebelumnya jangan lupa jelaskan apa pengertian dari kata yang berima ya, Bunda. Dengan melakukan kegiatan ini kosakata Si Buah Hati semakin bertambah dan ia jadi lebih memahami apa yang dimaksud dengan kata-kata yang berima.

 

Baca Juga: Fakta Klinis Tentang Perkembangan Otak Si Kecil pada Periode Emas

 

  1. Menceritakan “Perjalananku”

image

Kegiatan ini juga dapat membantu mengembangkan kecerdasan emosional Si buah Hati, lho, Bunda. Lewat kegiatan ini, Bunda perlu mengajak Si Buah Hati untuk menceritakan hal-hal seru yang pernah ia alami. Untuk memancing ingatan Si Buah Hati, Bunda bisa menunjukkan foto-foto saat Si Buah Hati berlibur bersama Ayah dan Bunda. Lalu mintalah Si Buah Hati mengingat dan menceritakan kembali pengalaman yang ia anggap seru saat menjalani liburan tersebut.

Selain memberikan stimulasi untuk meningkatkan kemampuan bahasa pada periode emas anak, pastikan Bunda juga mendukung eksplorasi Si Buah Hati dengan memberikan asupan gizi sesuai kebutuhannya di usia 3-5 tahun. Bunda juga dapat memberikan DANCOW 3+ Nutritods mengandung 0 gram Sukrosa, tinggi Zat Besi, Zink, Omega 3 & 6, Minyak Ikan, tinggi Vitamin A & C, serta Lactobacillus rhamnosus. Yuk, dukung langkah eksplorasi Si Buah Hati di masa periode emasnya!