Nutrisi

Alternatif Cemilan Sehat untuk Anak yang Bisa Bunda Buat Sendiri dengan Mudah

01-10-2021

Toddler makan cemilan sehat untuk anak

Selain dari makanan utama, ada banyak pilihan cemilan sehat untuk anak yang bisa Bunda berikan untuk Si Buah Hati. Apalagi di masa pertumbuhannya, Si Buah Hati memang membutuhkan banyak asupan nutrisi. Namun, tahukah Bunda berdasarkan sebuah penelitian yang diterbitkan dalam Jurnal Penelitian Gizi dan Makanan, kontribusi energi dari jajanan terhadap total energi perhari anak-anak di bawah 5 tahun rata-rata sebesar 31%? Melihat angka ini, Bunda tentu ingin memiliki alternatif jajanan atau cemilan sehat untuk anak bagi Si Buah Hati.

 

Jika Si Buah Hati biasanya senang cemilan dalam bentuk keripik atau cookies, DANCOW punya beberapa alternatif cemilan sehat untuk anak yang bisa Bunda buat dengan mudah di rumah. Berikut beberapa pilihan resep yang bisa Bunda coba.

 

  1. Pisang dengan Selai Kacang

image

Salah satu cemilan sehat untuk anak yang mudah dibuat adalah pisang dengan selai kacang. Bunda tinggal memotong-motong pisang dan memberikan selai kacang di atas potongan pisang atau sebagai cocolan untuk dinikmati Si Buah Hati.

 

Pisang adalah salah satu buah yang memiliki banyak kandungan mikronutrien seperti kalium (potasium), tembaga, mangan, magnesium, vitamin C dan vitamin A. Pisang juga baik untuk pencernaan Si Buah Hati karena kandungannya menstimulasi pertumbuhan bakteri baik dalam usus. Selai kacang juga memiliki kandungan mikronutrien yang baik untuk Si Buah Hati seperti vitamin E, vitamin B3 dan B6, mangan, dan juga magnesium.

 

  1. Salad Buah

image

 

Buah-buahan merupakan makanan bergizi yang memiliki banyak manfaat untuk Si Buah Hati. Selain kaya akan serat, buah-buahan juga penting untuk mencukupi kebutuhan vitamin dan mineral yang dibutuhkan Si Buah Hati. Untuk membuat Si Buah Hati tertarik mengonsumsi buah-buahan, Bunda bisa menyajikan salad buah yang terdiri dari beberapa potongan buah favorit Si Buah Hati.

 

Baca Juga: Bunda, Ini 6 Cemilan Sehat untuk Anak yang Baik bagi Pertumbuhan

 

  1. Yogurt dan Stroberi

image

Pilihlah yogurt tawar dan kemudian masukkan potongan buah stroberi ke dalam yogurt untuk membuat rasanya lebih enak bagi Si Buah Hati. Cemilan sehat untuk anak yang satu ini juga bisa Bunda sajikan dalam bentuk beku dan dicetak dalam cetakan es krim agar tampak lebih menarik.  Menggabungkan yogurt dengan buah memberikan asupan probiotik, prebiotik, protein, serta vitamin dan mineral yang baik untuk kesehatan Si Buah Hati.

 

  1. Roti Tawar dengan Selai dan Segelas Susu DANCOW

image

Roti tawar dan selai buah serta segelas susu DANCOW juga bisa jadi pilihan Bunda sebagai cemilan sehat untuk anak. Roti bisa menjadi pengganti sumber karbohidrat. Sedangkan selai buah juga merupakan sumber energi dan karbohidrat yang baik. Ditambah segelas susu DANCOW tentunya kombinasi cemilan ini dapat membantu melengkapi kebutuhan nutrisi yang dibutuhkan oleh Si Buah Hati.

 

Dengan memberikan beberapa alternatif cemilan sehat untuk anak, Si Buah Hati juga akan senang dengan variasi cemilan sehat bernutrisi yang bisa ia nikmati sepanjang minggu. Selain memberikan cemilan sehat untuk anak, Bunda tetap perlu memastikan nutrisi yang dibutuhkan untuk eksplorasi Si Buah Hati di masa Prasekolah tercukupi. Salah satunya dengan minum DANCOW 3+ Nutritods dua gelas dalam sehari. DANCOW 3+ Nutritods dengan kandungan 0 gram sukrosa, tinggi zat besi, zink, minyak ikan, omega 3 & 6, serat pangan, tinggi vitamin A & C dan mikronutrien lainnya, serta Lactobacillus rhamnosus dapat membantu lengkapi asupan nutrisi Si Buah Hati di masa Prasekolah.

Bunda juga bisa menemukan inspirasi  cemilan sehat untuk anak lainnya dengan gizi yang lengkap dan seimbang dari ahli nutrisi DANCOW di Piring Nutrisi DANCOW. Yuk Bunda, pastikan asupan nutrisi Si Buah Hati di masa Prasekolah terpenuhi, karena eksplorasinya mulai dari sini.