Parenting

7 Cara Meningkatkan Imunitas Anak di Musim Hujan

22-04-2022

7 Cara Meningkatkan Imunitas Anak di Musim Hujan

Beberapa bulan terakhir, media sosial di Indonesia dipenuhi keluhan akan banyaknya masyarakat yang mengalami demam, flu, dan batuk. Musim hujan yang masih berjalan sampai akhir April, diduga menjadi penyebabnya.

Imunitas Si Buah Hati yang belum sempurna, tentu membuatnya rentan terserang penyakit. Adakah cara meningkatkan daya tahan tubuh anak di musim hujan?

 

Jawabannya, ada, Bunda. Caranya tidak perlu dilakukan dengan mengeluarkan dana besar untuk membeli vitamin atau pergi ke dokter. Hal sederhana seperti mengubah gaya hidup menjadi lebih sehat dan baik, adalah salah satu tindakan preventif agar Si Buah Hati terhindar dari penyakit.

 

Berikut ini 7 cara meningkatkan imunitas tubuh anak saat musim hujan:

 

  1. Makanan dengan Gizi Seimbang

Bagi Buah Hati, mengonsumsi gizi yang sehat dan lengkap adalah keharusan untuk membuat daya tahan tubuhnya menjadi lebih kuat. Daya tahan tubuh dapat ditingkatkan dengan sangat efektif melalui kombinasi makronutrien dan mikronutrien.

 

Makronutrien berupa karbohidrat, protein dan lemak, sedangkan mikronutrien berupa vitamin dan mineral. Untuk memastikan Si Buah Hati mengonsumsi makanan dengan gizi seimbang, Bunda bisa menggunakan panduan Isi Piringku dalam sekali makan.

 

  1. Cukupi Waktu Tidur

Kebutuhan tidur yang cukup bagi anak tidak kalah pentingnya. Anak yang memasuki usia prasekolah membutuhkan waktu tidur antara 10-13 jam sehari, tapi ada juga anak yang butuh tidur lebih banyak atau lebih sedikit.

 

Kekurangan waktu tidur mengurangi imunitas Si Buah Hati dan membunuh sel-sel yang secara alami dapat menghadang kuman yang masuk.

 

  1. Ajak Aktif Bergerak

Tidak dapat dipungkiri bahwa olahraga adalah cara meningkatkan daya tahan tubuh anak dan menjadikan tubuhnya bugar. Namun, Si Buah Hati membutuhkan panutan agar menyukai kegiatan olahraga yang bermanfaat.

 

Ajak anak untuk aktif bergerak paling tidak sejam sehari dengan memberikan contoh yang baik dan membuat kegiatan menarik, misalnya, dengan berjalan kaki ke taman bermain di dekat rumah lalu bermain di sana.

 

  1. Menjaga Kebersihan Diri dan Lingkungan

Pandemi menjadi pengingat akan pentingnya kebiasaan mencuci tangan sebagai salah satu cara meningkatkan imunitas. Dengan tangan yang bersih dan higienis, kemungkinan Si Buah Hati menjadi sakit akan jauh lebih rendah.

Biasakan ia mencuci tangannya setelah bepergian, menggunakan toilet, ataupun menyeka hidung, serta sebelum makan. Selain membiasakan mencuci tangan, Bunda juga sebaiknya memastikan kebersihan di rumah dan lingkungan sekitar.

 

  1. Hindari Sembarangan Minum Obat

Melihat Buah Hati yang sakit memang berat, Bunda. Namun bukan berarti Bunda bisa memberikan sembarangan obat untuk dikonsumsi, apalagi antibiotik. Pasalnya, antibiotik hanya digunakan untuk sakit yang disebabkan oleh bakteri.

 

Sementara, infeksi yang diderita Si Buah Hati kebanyakan disebabkan oleh virus. Jika Si Buah Hati menunjukkan gejala-gejala sakit, maka ada baiknya Bunda berkonsultasi dengan dokter anak mengenai cara penanganannya.

 

Baca Juga: Manfaat Vitamin C untuk Daya Tahan Tubuh Anak

 

 

  1. Pastikan Imunisasi Lengkap

Pada anak usia dini yang sistem imunnya masih berkembang, imunisasi membantu sistem imunnya membentuk antibodi untuk melawan kuman yang masuk ke tubuh. Dengan demikian, Si Buah Hati menjadi lebih terlindungi dari berbagai penyakit. Tak ada salahnya Bunda memberikan imunisasi flu karena secara umum, anak menjadi lebih rentan terserang infeksi sistem pernapasan atas pada musim hujan.

 

  1. Beri Asupan Probiotik

Faktanya, 70 persen sistem imun manusia ada di sistem pencernaan. Karena itu, menjaga sistem pencernaan tetap sehat menjadi kunci sistem imun yang berfungsi optimal.

 

Sel-sel imun sering berinteraksi dan terpengaruh oleh mikrobioma di saluran pencernaan. Saluran pencernaan yang didominasi bakteri baik (probiotik) akan menjaganya tetap sehat dan sistem imun berfungsi optimal.

 

Untuk melengkapi pemenuhan gizi Si Buah Hati dari makanan sehari-hari sebagai cara meningkatkan imunitas anak, Bunda dapat memberikan makanan dengan gizi seimbang.

 

DANCOW 3+ Nutritods diformulasikan dengan berbagai gizi yang penting bagi tumbuh-kembangnya, berupa kandungan 0 gram sukrosa dan tinggi kandungan zat besi dan zink, minyak ikan (DHA) serta omega-3 dan 6, juga tinggi Vitamin A dan C ditambah Lactobacillus rhamnosus.

 

Menjamin asupan yang penuh gizi untuk Si Buah Hati akan membuatnya memiliki daya tahan tubuh yang lebih kuat menghadapi cuaca dan serangan kuman di musim hujan.

 

Referensi: