Nutrisi

5 Tips Menghadapi Si Buah Hati yang Susah Makan Setelah Sakit

03-11-2020

Asupan Nutrisi bagi Anak yang Lemas Setelah Diare

Si Buah Hati baru sembuh dari sakit, Bunda? Dalam masa penyembuhan, mungkin ia belum terlalu berselera untuk makan. Apalagi, bila anak lemas setelah diare Tugas Bunda saat  ini adalah membantu mengembalikan nafsu makan Si Buah Hati.

Dengan begitu, Bunda dapat mencukupi asupan nutrisinya. Ini penting agar Si Buah Hati bisa kembali pulih dan bermain seperti biasanya.

Tips Mengembalikan Nafsu Makan Si Buah Hati Setelah Sakit

Berikut ini adalah beberapa hal yang dapat Bunda lakukan, agar Si Buah Hati mau makan dengan lahap di masa penyembuhan:

1. Hindari Makanan Beraroma Tajam dan Berminyak

Sebaiknya hindari memberikan Si Buah Hati menu beraroma kuat dan berminyak, Bunda. Sebab, di masa penyembuhan kebanyakan anak sensitif terhadap bau atau rasa. Keduanya dapat memicu Si Buah Hati untuk menolak makanan tersebut. 

2. Buat Waktu Makan Makin Menyenangkan

Jadikan momen makan lebih menyenangkan dengan menyajikan menu kesukaan Si Buah Hati. Selain itu, Bunda juga bisa ajak Si Buah Hati bercerita soal pengalaman seru saat bermain, atau tentang karakter kartun favoritnya. Cara ini bisa membantu mengalihkan perhatian Si Buah Hati, dan membuat momen makan jadi menyenangkan.

3. Tambahkan Rasa pada Menu Hariannya

Beberapa bahan makanan dapat membantu meningkatkan nafsu makan dan mendukung kesehatan pencernaannya, sehingga dapat membuat Si Buah Hati merasa lebih nyaman. Jadi, Bunda bisa menambahkan bubuk kayu manis atau jahe ke dalam menu Si Buah Hati.

4. Siapkan Makanan dalam Porsi Sedikit

Kurangi porsi makan Si Buah Hati, namun buat waktu makannya lebih sering. Cara ini bisa membantu agar tubuh Si Buah Hati terus mendapatkan asupan nutrisi. Selain itu, porsi sedikit juga membuatnya tidak mudah kenyang sehingga di waktu makan berikutnya ia masih mau makan dengan lahap.

5. Sajikan Menu Bergizi Seimbang

Kekurangan zat besi dapat menyebabkan anemia dan kurangnya nafsu makan. Untuk itu, Bunda disarankan memberikan Si Buah Hati makanan seperti telur, daging ayam, daging sapi, dan sayuran berdaun hijau, untuk membantu memulihkan kesehatannya. 

Siapkan juga sumber karbohidrat seperti kentang, pasta, dan nasi, yang dapat membantu mengembalikan energi Si Buah Hati supaya ia tetap aktif untuk bermain. 

Bisa jadi, kondisi anak lemas setelah diare , demam, atau flu. Supaya tubuhnya kembali sehat, Bunda perlu memastikan Si Buah Hati mendapatkan nutrisi yang cukup. Lengkapi asupan nutrisinya dengan menyiapkan Susu DANCOW 3+ Nutritods. Ini adalah susu pertumbuhan yang diformulasi untuk usia prasekolah 3-5 tahun, mengandung 0 gram sukrosa, tinggi zat besi, zink, minyak ikan, omega 3 & 6, serat pangan, tinggi vitamin A & C dan mikronutrien lainnya, serta Lactobacillus rhamnosus.

Jangan sampai demam, flu, atau kondisi anak lemas setelah diare, menghalanginya untuk bereksplorasi. Untuk itu, Bunda perlu melakukan beberapa cara mengatasi anak diare dan demam sesuai saran tenaga kesehatan. 

Setelah itu, bantu Si Buah Hati mengembalikan selera makannya setelah sakit dengan menerapkan beberapa cara di atas. Dengan begitu, Si Buah Hati bisa tetap mendapatkan asupan nutrisi penting agar kesehatannya kembali pulih.