Parenting

5 Tips Membimbing Si Buah Hati di Usia Anak Pra Sekolah

26-04-2021

5 Tips Membimbing Si Buah Hati di Usia Anak Pra Sekolah

Memiliki anak adalah anugerah terindah yang dirasakan orang tua. Mendidik buah hati menjadi anak yang baik dan berbakti adalah hal yang perlu diperhatikan, lho, Bunda. Nah, usia anak pra sekolah merupakan bagian dari usia emas yang sangat berpengaruh dalam aspek perkembangan anak usia dini.

 

Pola didik dan rutinitas di rumah akan memberikan efek yang signifikan dalam konsep tumbuh kembang anak pra sekolah untuk perkembangan karakter saat memasuki tahap selanjutnya. Berikut ini beberapa tips agar Bunda dapat membimbing Si Buah Hati menjadi anak dengan kemampuan kognitif dan akhlak yang baik.

 

Jawab Pertanyaan dengan logis

Anak usia pra sekolah kerap kali memiliki segudang pertanyaan yang ajaib. Tak jarang Bunda mungkin kelimpungan meladeni pertanyaan Si Buah Hati. Pada usia anak pra sekolah, Si Buah Hati tentu belum memahami istilah-istilah yang biasa dipakai orang dewasa. Maka Bunda perlu memberikan jawaban penjelasan secara menyeluruh agar Si Buah Hati dapat mengerti. Mungkin anak tidak akan langsung mengerti. Namun ketika ada momen yang tepat, Bunda bisa mengulang kembali penjelasan yang pernah disampaikan agar anak menjadi lebih paham.

 

Beri kesempatan anak mandiri

Pada usia anak 3 tahun atau masa pra sekolah, Si Buah Hati akan merasa ingin melakukan semua hal sendiri. Beri dia kesempatan melakukan semua hal yang biasa Bunda lakukan. Misalkan, saat Si Buah Hati merapikan tempat tidurnya, tahanlah diri untuk merapikannya sesuai standar Bunda. Jika dia berpakaian dalam padu padan yang tidak sesuai, berikan pujian seperlunya. Pun hal yang sama juga berlaku saat ia mencoba makan sendiri. Dibutuhkan kesabaran dan tenaga ekstra untuk mendampingi sekaligus membersihkan sisa makanan yang tercecer.

 

Tegur Si Buah Hati

Ulah usia anak pra sekolah terkadang sulit diprediksi. Namun Bunda tentu menyayangi Si Buah Hati lebih dari apapun. Berlaku tegas juga penting untuk dilakukan, lho. Tegur Si Buah Hati dan berikan penjelasan mengapa hal yang dilakukannya salah. Bunda perlu menjelaskan secara perlahan batasan mengenai hal-hal yang tidak boleh dilakukan Si Buah Hati.

 

Luangkan waktu bersama anak

Untuk Bunda yang bekerja dan mengasuh anak, penting untuk memberikan perhatian ekstra. Luangkan waktu bersama dengan Si Buah Hati, karena masa emas pertumbuhannya akan cepat berlalu. Luangkan waktu dengan bermain lego, puzzle atau board game bersama anak. Selain memberikan kasih sayang berupa nutrisi, Si Buah Hati juga membutuhkan perhatian sebagai aspek perkembangan anak usia dini.

 

Atur waktu bermain gadget

Menghindari anak dari teknologi terkini rasanya mustahil. Bunda juga dapat memberi kesempatan Si Buah Hati menggunakan teknologi. Atur batas waktu anak saat bermain gadget. Misalkan, waktu untuk bermain gim smartphone atau tablet hanya 1-2 jam saat weekend. Saat terlalu sering bermain gadget bukan tak mungkin perkembangan usia anak pra sekolah menjadi terhambat. Bunda juga harus mendampingi Si Buah Hati untuk mengakses konten yang diperuntukkan untuk anak-anak.

 

Mempersiapkan Si Buah Hati saat usia anak pra sekolah memang bukan perkara sepele. Saat ia melakukan kesalahan hindari perlakukan kasar dengan meningkatkan toleransi kesalahan yang biasa dilakukan anak.

 

Orang tua harus menjadi contoh agar anak dapat menerapkan apa yang diajarkan secara konsisten. Bantu perkembangan Si Buah Hati pola makan seimbang dan DANCOW 3+. DANCOW 3+ Nutritods  dengan kandungan 0 gram sukrosa, lebih banyak laktosa dibandingkan formula sebelumnya, tinggi zat besi, zinc, minyak ikan, omega 3 & 6, serat pangan, tinggi vitamin A & C dan mikronutrien lainnya serta Lactobacillus rhamnosus untuk dukung eksplorasi Si Buah hati. DANCOW 3+ Nutritods juga bantu dukung eksplorasi masa Prasekolah Si Buah Hati usia diatas 3 tahun.