Nutrisi

5 Makanan Kaya Manfaat DHA untuk Kecerdasan Si Buah Hati

26-04-2021

5 Makanan Kaya Manfaat DHA untuk Kecerdasan Si Buah Hati

Bunda, tahukah jika manfaat DHA sangat penting perkembangan otak anak? Omega-3 adalah nutrisi yang dikenal semua orang. Nah, dua jenis yang umum dari Omega-3 adalah DHA dan EPA. DHA adalah kependekan dari docosahexaenoic acid. Manfaat DHA berperan dalam bagian yang sangat besar pada materi abu-abu di otak (kecerdasan) dan di retina (penglihatan total mata). Sehingga DHA berfungsi untuk membentuk kepekaan neuron, yang membantu menyampaikan informasi dengan cepat dan akurat.

Pada usia 4-12 tahun, sumber makanan yang mengandung DHA menjadi sangat penting untuk kecerdasan otak anak. Tak perlu bingung, Bunda bisa memenuhi kebutuhan DHA Si Buah Hati dari 5 makanan ini.

1. Susu

Susu juga mengandung manfaat DHA yakni Omega 3, protein dan vitamin B tinggi. Tiga jenis zat gizi ini penting bagi pertumbuhan jaringan otak, neurotransmitter, dan enzim. Susu dan yoghurt juga bisa membuat perut kenyang karena kandungan protein dan karbohidratnya sekaligus menjadi sumber energi bagi otak. Selain itu susu juga kaya vitamin D yang berguna untuk sistem saraf otot.

 

2. Telur

Telur dikenal sebagai sumber penting protein yang relatif murah dan cukup terjangkau. Bagian kuning telur ternyata kaya akan kandungan kolin, yaitu zat yang dapat membantu perkembangan memori atau daya ingat. Kandungan kolin dalam 1 butir telur berukuran besar adalah 126 mg. Bandingkan dengan 2 sendok makan selai kacang yang hanya mengandung 20 mg dan 300gram daging sapi dengan kandungan 66 mg kolin. Kebutuhan anak-anak akan kolin 200-375 mg per hari.

 

3. Salmon

Ikan dan kerang-kerangan telah lama menjadi sumber manfaat DHA yakni Omega 3 bagi perkembangan otak anak. Riset terbaru menunjukkan bahwa orang yang memperoleh asupan asam lemak akan memiliki pikiran yang lebih tajam dan mencatat hasil memuaskan dalam uji kemampuan.

Jenis ikan laut yang mengandung DHA dan EPA yaitu salmon, tuna, sarden, makarel, tenggiri, dan kembung. Sedangkan, ikan air tawar yang kaya akan DHA dan EPA yaitu ikan tawes.

 

4. Kacang-kacangan

Kacang kedelai, edamame, tahu, dan bahkan produk fermentasi seperti tempe pun mengandung omega-3. Kacang almond dan walnut juga mengandung omega-3.

Kacang tanah yang diolah menjadi selai kacang untuk dinikmati Bersama roti juga dapat menjadi salah satu sumber vitamin E. Vitamin ini merupakan sumber antioksidan yang dapat melindungi membran-membran sel saraf. Bersama thiamin, vitamin E membantu otak dan sistem saraf dalam penggunaan glukosa untuk kebutuhan energi untuk Si Buah Hati.

 

5. Sayuran Bewarna

Sayuran hijau adalah makanan kaya omega-3. Kale, brussel sprout, bayam dan rumput laut adalah contoh sayuran yang menyimpan banyak manfaat DHA. Selain nutrisi untuk otak, sayuran juga memiliki kandungan serat tinggi yang sangat baik untuk kesehatan saluran pencernaan anak.

Pentingnya asupan Omega 3 untuk anak sejak dini sangat bermanfaat untuk perkembangan anak jangka panjang. Memilih susu dengan nutrisi Omega 3 yang cukup menjadi peran penting Bunda saat mendidik Si Buah Hati.

DANCOW 5+ Nutritods dengan kandungan 0 gram sukrosa, lebih banyak laktosa dibandingkan formula sebelumnya, tinggi zinc, vitamin C, Vitamin B6, B12, Biotin, minyak ikan, omega 3 & 6, serat pangan, dan mikronutrien lainnya serta Lactobacillus rhamnosus. DANCOW 5+ Nutritods juga bantu dukung eksplorasi masa Prasekolah Si Buah Hati usia diatas 5 tahun.