Parenting

3 Manfaat Lilin Mainan Untuk Perkembangan Psikomotor Si Buah Hati

13-11-2020

Kembangkan Kemampuan Psikomotor si Kecil Dengan Lilin Mainan Warna-Warni

Siapa yang tidak mengenal lilin mainan warna-warni atau playdough? Selain menyenangkan untuk dimainkan, media ini menjadi sarana mengembangkan imajinasi dan mengasah kemampuan psikomotoriknya. 

Si Buah Hati akan belajar bagaimana menstimulasi koordinasi mata dan tangannya untuk membentuk aneka bentuk yang diinginkan. Simak manfaat lainnya yang menunjang tumbuh kembangnya, ya.

1. Meningkatkan Kreativitas

Kreativitas adalah bentuk paling bebas dari ekspresi diri. Tidak ada yang lebih memuaskan untuk anak-anak, selain menunjukkan siapa dirinya, tanpa adanya penghakiman dari orang-orang sekitarnya. Bebaskan Si Buah Hati dalam bermain dan bereksplorasi dengan lilin mainannya dan berikan bimbingan seperlunya jika diminta. 

Kreativitas yang dimiliki memiliki dampak yang besar dalam menentukan masa depannya, misalnya kemampuan penyelesaian masalah yang jauh lebih luas ketimbang anak-anak yang berada di tahapan usia yang sama.

2. Mengembangkan Kemampuan Berbicara

Saat bermain bersama Si Buah Hati, dukung stimulasinya dengan mengajaknya berkomunikasi. Sambil asyik memainkan lilin mainannya, tanyakan bentuk apa yang ingin dibuat, warna yang digunakannya, serta bagaimana cara membentuk lilin mainan. 

Permainan sederhana ini dapat merangsang kemampuan bahasanya dan psikomotorik di waktu yang bersamaan. Selain itu juga melatih kemampuan atensinya, karena dia harus memusatkan konsentrasi dan perhatian dalam membentuk lilin mainan menjadi bentuk yang diinginkannya.

3. Beri Dukungan Penuh

Agar lebih optimal mendukung kemampuan kognitif Si Buah Hati, Bunda memberikan pelengkap nutrisi seperti Susu DANCOW 1+ Nutritods. Ini merupakan produk susu yang diformulasi untuk anak Indonesia usia toddler 1-3 tahun, dengan kandungan 0 gram sukrosa, tinggi kalsium & protein, minyak ikan, omega 3 & 6, serat pangan inulin dan mikronutrien lainnya, serta Lactobacillus rhamnosus.

Walau terlihat sederhana, permainan dengan menggunakan lilin mainan dapat memberikan banyak manfaat bagi proses belajar dan tumbuh kembang Si Buah Hati.