3 Hal Penting Ini Bantu Dukung Si Kecil Jadi Anak Unggul Indonesia | DANCOW Parenting Center
Parenting

3 Hal Penting Ini Bantu Dukung Si Kecil Jadi Anak Unggul Indonesia

01-03-2019

anak unggul

Senangnya, melihat Si Kecil tumbuh makin besar! Seiring bertambahnya usia anak, semakin banyak kejutan menakjubkan pada masa tumbuh kembangnya. Tentu, Bunda ingin Si Kecil tumbuh dan berkembang dengan optimal, sehingga kelak ia dapat menjadi Anak Unggul Indonesia. 

Apa saja sih, tanda anak yang unggul itu? Menurut psikolog Ratih Ibrahim, S.Psi., MM, setidaknya anak yang unggul memiliki lima karakter positif:

  1. Berani
    Keberanian dapat mendorong Si Kecil aktif bereksplorasi dengan lingkungan di sekitarnya. Hal ini dapat melatihnya untuk melakukan berbagai hal sendiri dan berani menghadapi tantangan di masa depan.
  2. Cerdas
    Ini salah satu karakter penting anak yang unggul, Bunda. Sebab, anak yang cerdas memiliki kemampuan untuk memecahkan masalah (problem-solving) dan mengambil keputusan (decision-making).
  3. Kreatif
    Melalui kreativitas dan imajinasi, anak termotivasi mencari berbagai cara untuk mencapai tujuannya. Ini merupakan karakter yang dibutuhkan untuk menjadi Anak Unggul Indonesia.
  4. Peduli
    Anak yang memiliki rasa empati dapat mengembangkan keterampilan sosialnya, seperti berbagi dan memahami perasaan orang lain.
  5. Pemimpin
    Karakter pemimpin butuh dikembangkan Si Kecil untuk memotivasinya lebih percaya diri dalam mengambil kontrol, serta membentuk sikap disiplin dan mandiri.

Lalu, bagaimana cara mendukung anak mengembangkan lima karakter anak unggul ini? Di antaranya ada tiga hal penting yang perlu diperhatikan oleh Bunda, yaitu:

  1. Nutrisi
    Pastikan Si Kecil mendapatkan asupan nutrisi yang cukup. Ini penting untuk membantu melindungi eksplorasi Si Kecil dalam mengembangkan lima karakter anak unggul. “Ketika anak bereksplorasi, ada banyak tantangan penyakit yang bisa mengganggu. Sebanyak 41.9% anak Indonesia masih sering terkena infeksi saluran pernapasan dan 12.2% anak masih sering terkena diare. Di samping itu, anak yang lebih sering bermain di luar rumah memiliki risiko terkena penyakit 2-3x lipat lebih tinggi dibandingkan dengan anak yang hanya beraktivitas di rumah,” jelas Prof. Dr. dr. Saptawati Bardosono, M.Sc.pakar nutrisi DANCOW Advanced Excelnutri+
    Untuk itu, Bunda disarankan memberikan Si Kecil nutrisi yang dapat memberikan manfaat perlindungan pada kesehatannya. Salah satunya, adalah makanan yang mengandung bakteri baik seperti Lactobacillus rhamnosus yang telah teruji klinis dapat membantu menurunkan risiko infeksi saluran pernapasan dan infeksi saluran cerna, serta meningkatkan daya tahan tubuh.
  2. Stimulasi
    Berikan stimulasi yang tepat sesuai usia Si Kecil. Menurut pakar tumbuh kembang anak, Prof. Dr. dr. Soedjatmiko SpA (K), MSi, stimulasi yang disesuaikan dengan usia anak dapat mendukung tumbuh kembangnya secara optimal, terutama di 1.000 hari pertama kehidupannya. Sebab, di masa ini perkembangan otak dan pertumbuhan fisik berlangsung begitu pesat. Eksplorasi merupakan salah satu bentuk stimulasi anak untuk mendukung tumbuh kembangnya dan membantu mengembangkan lima karakter anak yang unggul.
  3. Kasih Sayang Orang Tua
    Ini juga satu hal penting untuk menyiapkan Si Kecil menjadi anak yang unggul, Bunda. Sebab, kasih sayang Bunda dan Ayah turut membantu membentuk karakter positif Si Kecil. Untuk itu, orang tua disarankan lebih sering meluangkan waktu mendukung eksplorasinya.
    “Cara terbaik yang dapat dilakukan orangtua adalah ikut terlibat dalam proses eksplorasi Si Kecil dengan lebih banyak mengatakan ‘Iya Boleh’. Jika para orangtua mendorong Si Kecil untuk bereksplorasi secara tepat, sesuai dengan usia dan tahap perkembangannya, tentu ini akan membantu Si Kecil untuk mengembangkan lima potensi karakter penting, yaitu berani, cerdas, kreatif, peduli, dan pemimpin,” jelas psikolog Ratih Ibrahim, S.Psi., MM,

DANCOW Advanced Excelnutri+ mendukung upaya pemerintah dalam membangun Generasi Emas 2045, yaitu Anak Unggul Indonesia yang sehat, cerdas, dan percaya diri dengan meluncurkan Gerakan 1 Juta #IyaBoleh. Melalui gerakan ini, DANCOW mengajak Bunda bergabung dengan para orang tua lainnya di Indonesia yang sudah berani mengatakan #IyaBoleh, untuk mendukung eksplorasi Si Kecil dan menjadikannya Anak Unggul Indonesia. Yuk, ikut bilang #IyaBoleh pada Si Kecil, dan jadilah bagian dari Gerakan 1 Juta #IyaBoleh dengan cara klik di sini!