Stimulasi

Ini Cara Memilih Mainan untuk Anak 2 Tahun yang Dapat Menstimulasi Si Buah Hati

01-10-2021

Pasir kinetik, mainan untuk anak 2 tahun

Memilih mainan untuk anak 2 tahun terkadang mungkin membingungkan ya, Bunda. Di satu sisi bermain adalah hal yang disukai Si Buah Hati, namun di sisi lain mainan yang dipilih juga sebaiknya dapat membantu agar tumbuh kembang anak lebih optimal. Bermain bisa menjadi sarana Si Buah Hati untuk mengembangkan kemampuan baru dengan cara yang ia sukai, sehingga memilih mainan yang tepat untuknya juga tidak bisa sembarangan.

 

Dari sekian banyak pilihan mainan yang ada, mana yang sebaiknya Bunda pilih untuk membantu perkembangan anak usia 2 tahun? Saat ini sebenarnya sudah banyak mainan edukasi yang bisa Bunda berikan untuk Si Buah Hati untuk membantunya belajar sambil bermain. Nah,

agar Bunda tak perlu bingung saat memilih mainan untuk anak 2 tahun yang tepat dan bermanfaat bagi tumbuh kembang Si Buah Hati, simak beberapa cara memilih mainan yang dapat mendorong perkembangan motorik, kognitif, bahasa, sosialisasi sampai kesehatan anak berikut ini, yuk.

 

  1. Pilih Mainan yang Bisa Digunakan dengan Berbagai Cara

image

Saat memilih mainan untuk anak 2 tahun, sebaiknya Bunda memilih mainan yang bisa dimainkan atau digunakan Si Buah Hati dalam berbagai cara. Misalnya seperti balok susun atau pasir kinetik. Kedua mainan ini dapat mendorong imajinasi Si Buah Hati karena anak dapat membentuk mainan dengan bebas sesuai yang ia mau. Ia bisa berkreasi sesuka hati sehingga kemampuannya berpikir kreatif juga terasah dengan baik.

 

  1. Pilih Mainan yang Dapat Berkembang Bersama Si Buah Hati

image

Agar Si Buah Hati tidak cepat bosan, pilihlah mainan untuk anak 2 tahun yang bisa berkembang bersamanya. Misalnya seperti rumah boneka, mainan action figure, mobil-mobilan, kereta-keretaan, dll. Mainan seperti ini bisa dimainkan Si Buah Hati di mana saja dan tetap bisa ia mainkan bahkan ketika umurnya bertambah. Selain mengasah kemampuan motoriknya saat mengendalikan mainan, Si Buah Hati juga bisa mengasah kreativitasnya ketika bermain lho, Bunda. Saat memberikan mainan kepada Si Buah Hati, pastikan juga Bunda memilih mainan seusai usianya, ya. Biasanya tiap mainan sudah memiliki label yang menyajikan info mainan tersebut dirancang untuk anak usia berapa tahun. Dampingi juga saat Si Buah Hati sedang bermain untuk menjaga keamanannya, ya Bunda.

 

Baca Juga: Wajib Coba, 5 Permainan Edukatif Seru untuk Si Buah Hati di Rumah!

 

  1. Pilih Mainan yang Mendorong Anak Bereksplorasi

image

 

Ada banyak pilihan mainan untuk anak 2 tahun yang dapat mendorongnya bereksplorasi maupun memecahkan masalah. Misalnya seperti puzzle sederhana, lilin malam, buku mewarnai, mainan balok kayu, hingga balok susun. Permainan ini akan mendorong Si Buah Hati untuk bergerak saat bermain sehingga ia dapat mengeksplorasi mainan tersebut. Beberapa permainan ini juga menyajikan tantangan tersendiri sehingga membantu mengasah kemampuan Si Buah Hati mencari solusi. Perlu diingat, saat bermain dengan benda-benda yang berukuran kecil atau berisiko mudah tertelan, pastikan Bunda mendampingi anak saat bermain untuk menghindari mainan-mainan tersebut termakan secara tak sengaja oleh Si Buah Hati.

 

 

  1. Pilih Mainan yang Menyerupai “Barang Asli”

image

Si Buah Hati yang berusia dua tahun memiliki rasa ingin tahu yang besar, jadi sebaiknya Bunda memilih mainan untuk anak 2 tahun yang menyerupai benda asli sehingga ia berkesempatan bermain dengan barang-barang yang biasa digunakan sehari-hari. Misalnya mainan berupa alat musik, telepon, piring plastik, dapur plastik, dll. Lewat mainan-mainan ini, rasa ingin tahu Si Buah Hati terhadap barang-barang yang biasa Bunda dan Ayah pakai akan terpuaskan. Ia juga bisa menggunakan mainan ini untuk bermain peran, misalnya menjadi koki, menjadi dokter, menjadi penjual, dan lain sebagainya.

 

Itu tadi cara memilih mainan untuk anak 2 tahun yang dapat membantu dan menstimulasi perkembangan Si Buah Hati. Selain beberapa pilihan mainan tadi, Bunda juga bisa lho mengajak Si Buah Hati mewarnai karakter Dongeng Aku Dan Kau untuk melatih perkembangan motoriknya dengan cara yang seru. Bunda tinggal login ke laman Dongeng Aku Dan Kau untuk mewarnai karakter dongeng bersama Si Buah Hati atau melakukan aktivitas seru lainnya, ya.

 

Selain memilih mainan untuk anak 2 tahun yang tepat sebagai stimulasi untuk perkembangan Si Buah Hati, jangan lupa juga untuk melengkapi asupan nutrisi Si Buah Hati dengan memberikan DANCOW 1+ Nutritods. DANCOW 1+ Nutritods adalah susu pertumbuhan yang diformulasi untuk anak Indonesia usia toddler 1-3 tahun, dengan kandungan 0 gram sukrosa, tinggi kalsium & protein, minyak ikan, omega 3 & 6, serat pangan inulin dan mikronutrien lainnya serta Lactobacillus rhamnosus. Yuk Bunda, pastikan asupan nutrisi Si Buah Hati di masa toddler terpenuhi, karena eksplorasinya mulai dari sini.