Nutrisi

Ini Kriteria Susu Formula Tanpa Gula yang Bagus untuk Anak

04-11-2020

Kriteria Susu Pertumbuhan yang Baik Menurut Ahli

Tentu Bunda sudah mengetahui, bahwa susu adalah salah satu sumber gizi yang dapat melengkapi kebutuhan gizi Si Buah Hati. Namun, dengan banyaknya produk susu di pasaran, membuat Bunda kebingungan dalam memilih susu, apalagi, kini Si Buah Hati sudah memasuki usia toddler. Apa sebenarnya peran penting susu untuk anak 1-3 tahun? Serta apa saja kriteria susu yang bagus untuk anak? Simak penjelasannya berikut ini, ya.

Susu untuk Si Buah Hati yang Kaya Gizi

Setelah memasuki usia toddler, kebutuhan gizi Si Buah Hati makin bertambah untuk menunjang tumbuh kembangnya. Ia perlu susu yang bagus untuk anak agar dapat melengkapi asupannya sehari-hari.

Pasalnya mengonsumsi susu dapat bantu cukupi asupan energi, protein, vitamin dan mineral. Termasuk kalsium yang  dibutuhkan anak dalam proses pertumbuhan tulang dan gigi yang sehatHal ini sesuai dengan pemaparan British Dietetic Association (BDA) UK, bahwa anak usia toddler membutuhkan sekitar 350 mg kalsium per hari. Kebutuhan ini dapat diperoleh dengan mengonsumsi 300 ml susu.

Susu untuk Si Buah Hati yang Baik Menurut Para Ahli

Memilih susu pertumbuhan untuk toddler, termasuk susu yang bagus untuk anak 2 tahun, butuh ketelitian dari orang tua. Sebab, Bunda perlu memastikan kandungan gizi di dalamnya baik untuk mendukung tumbuh kembang Si Buah Hati. Menurut Prof. Dr. dr. Soedjatmiko, Sp.A(K), M.Si, dari Departemen Ilmu Kesehatan Anak FKUI-RSCM, Bunda disarankan memilih susu pertumbuhan yang mengandung kalsium, fosfor, ribovlafin, serta vitamin dan mineral.

Sebaiknya hindari pemberian susu untuk anak 1 tahun ke atas yang mengandung gula (sukrosa) tinggi karena dapat meningkatkan risiko obesitas atau kegemukan. Badan Kesehatan Dunia, WHO, merekomendasikan konsumsi gula tambahan tidak melebihi 10% dari total kebutuhan kalori Si Buah Hati per harinya. Ini kurang lebih setara dengan 25 gr atau lima sendok teh.

Selain itu, apa saja kriteria yang menentukan bahwa susu pertumbuhan untuk anak itu baik bagi tumbuh kembang Si Buah Hati? Berikut pendapat dari beberapa ahli:

Mengandung makronutrien dan mikronutrien

Ahli diet senior, Charlotte Lin, dari National University Hospital, menjelaskan bahwa anak usia toddler memang membutuhkan nutrisi yang mirip dengan orang dewasa, namun dalam porsi yang lebih sedikit. 

Agar dapat melengkapi asupan gizinya, Bunda disarankan memilih susu yang bagus untuk anak 1 tahun yang susah makan yang mengandung protein, zat besi, zink, dan kalsium. Selain itu, Bunda juga sebaiknya memastikan bahwa susu pertumbuhan Si Buah Hati mengandung vitamin A, vitamin B, dan vitamin D. Menurut Frank Greer, M.D., ketua komite nutrisi dari lembaga kesehatan anak American Academy Pediatric, berbagai vitamin ini penting untuk mendukung pertumbuhan Si Buah Hati.

Mengandung DHA

Dr. Han Wee Meng yang merupakan Kepala Departemen Nutrisi dan Diet di KK Women’s Children’s Hospital, merekomendasikan Bunda untuk memilih susu yang memiliki kandungan DHA dan AA serta lutein. Ketiga nutrisi ini penting untuk membantu perkembangan otak, menjaga kesehatan mata Si Buah Hati, membantu mencerna lemak, serta meningkatkan daya tahan tubuhnya.

Mengandung probiotik

Beberapa susu yang bagus untuk anak memiliki kandungan probiotik, yakni bakteri baik yang hidup dan berkembang biak di saluran cerna. Berdasarkan hasil studi yang dilakukan oleh Department of Paediatrics, The Medical University of Warsaw, Polandia, faktanya asupan probiotik Lactobacillus rhamnosus dapat membantu memberikan perlindungan Si Buah Hati dari diare dan infeksi saluran pernapasan.

Baca jugaManfaat Susu DANCOW untuk Masa Pertumbuhan Anak 1-3 Tahun

Hal-hal yang Perlu Diperhatikan Saat Memilih Susu yang Bagus untuk Anak

Ketika telah mencapai usia 1 tahun, Si Buah Hati sudah dapat diperkenalkan pada alternatifyang juga baik bagi tumbuh-kembangnya.

Sebelum memilih susu yang bagus untuk anak, berikut adalah beberapa hal yang perlu Bunda perhatikan:

  • Jika si Buah Hati memiliki alergi susu sapi atau intoleransi laktosa. Bunda perlu berkonsultasi dengan dokter anak mengenai susu jenis apa yang cocok untuknya.
  • Ketahui kebutuhan susu bagi toddlers. Anak usia 1 tahun perlu minum susu dua kali sehari atau sekitar 450-680 gram susu per hari, sedangkan anak usia 2 dan 3 tahun perlu minum susu 2,5 kali sehari. American Academy of Pediatrics menyarankan pemberian susu whole milk (full cream) sampai usia 2 tahun, kecuali ada indikasi yang mengharuskan Si Buah Hati berpindah ke susu rendah lemak (low fat).
  • Perhatikan label kandungan susu yang ada di kemasannya. Pilihlah susu yang sudah diperkaya/difortifikasi dengan berbagai vitamin dan mineral yang dibutuhkan Si Buah Hati, sehingga bisa dijadikan sebagai susu anak yang bagus untuk menambah berat badan.

Manfaat Susu untuk Jaga Daya Tahan Tubuh Si Buah Hati

Susu sapi dikenal memiliki berbagai manfaat bagi kesehatan, termasuk juga bagi Si Buah Hati yang berada dalam masa pertumbuhan. Susu yang bagus mengandung zat gizi yang sangat kaya, baik makronutrien seperti protein dan lemak, hingga mikronutren seperti kalsium, vitamin A, vitamin D, vitamin B2, vitamin B12, magnesium, zink, potasium, fosfor dan lainnya. Zat gizi yang penting dalam menjaga pertumbuhan dan fungsi sel imunitas adalah vitamin C, vitamin D, zink, selenium, besi, dan protein yag ditemukan pada berbagai sayuran dan makanan yang berasal dari hewan, termasuk susu.

Susu yang bagus untuk anak juga dilengkapi dengan probiotik dan prebiotik yang sangat membantu daya tahan tubuh anak. Probiotik adalah bakteri baik yang tinggal di pencernaan dan membantu menjaga daya tahan tubuh. Sedangkan prebiotik adalah makanan bagi probiotik yang menjaga koloni probiotik tetap terjaga baik di saluran cerna kita.

Dengan hadirnya DANCOW 1+ Imunutri, Bunda tak lagi bimbang dalam memilih susu yang tepat untuk bantu mengoptimalkan tumbuh kembang Si Buah Hati usia toddler. Susu bubuk ini diformulasikan untuk bantu mendukung daya tahan tubuh toddler Indonesia usia 1-3 tahun, agar ia bebas bereksplorasi dan tumbuh percaya diri.

DANCOW 1+ Imunutri memiliki 0 gr sukrosa serta tinggi kandungan Vitamin C dan zink, tinggi kalsium, protein, Vitamin D serta, DHA, zat besi, omega-3 dan omega-6, dan Lactobasillus rhamnosus.

Yuk, bantu cukupi kebutuhan gizi Si Buah Hati dengan susu yang bagus untuk anak!