Stimulasi

Olahraga Tepat Datangkan Sejuta Manfaat

14-11-2020

Olahraga Tepat Datangkan Sejuta Manfaat

Bunda pasti khawatir kalau melihat si Kecil lebih suka menghabiskan waktu duduk di depan layar televisi. Bila iya, kekhawatiran Bunda ini memang tak salah. Sebab situs Ikatan Dokter Anak Indonesia menuliskan bila anak usia di bawah 2 tahun sebaiknya tidak dibolehkan menonton televisi. Sedangkan anak usia di atas 2 tahun hanya boleh menonton televisi paling lama 2 jam per hari.

Bagi si Kecil yang usianya belum mencapai lima tahun, melakukan aktivitas fisik sangatlah penting. Aktivitas fisik atau olahraga tidak hanya bermanfaat untuk kesehatan fisik si Kecil seperti meningkatkan massa tubuh, kekuatan otot dan tulang, meningkatkan kesehatan jantung, peredaran darah, dan mengontrol berat badan. Olahraga pun memiliki manfaat nonfisik, antara lain meningkatkan kepercayaan diri, kemampuan belajar dan berlatih, mendorong tumbuh kembangnya, meningkatkan kesehatan mental psikologis, dan membantu si Kecil mengurangi stres.

Pada usia di atas 1 tahun, Bunda pasti berharap si Kecil sudah dapat berjalan, berlari, dan melompat. Olahraga lah yang menjadi cara untuk memperkuat kemampuan motorik dasarnya itu. Sebab dengan olahraga, secara tidak langsung si Kecil akan melatih koordinasi mata, tangan, keseimbangan, dan ritme gerak tubuh.

Biarkan si Kecil bereksplorasi di luar rumah, misalnya naik sepeda, memanjat, dan berlari di taman. Anak berusia di atas dua tahun sebaiknya melakukan aktivitas seperti itu setidaknya 60 menit setiap hari. Kalau tidak bisa melakukannya selama sejam penuh, maka bisa si Kecil bisa berolahraga dua kali dalam periode 30 menit atau empat kali dalam periode 15 menit dalam sehari.

Bila dalam keseharian aktif berolahraga, si Kecil pun akan mampu belajar dengan lebih efektif, baik di dalam maupun luar lingkungan sekolah. Olahraga dapat juga membuat pola tidur si Kecil lebih teratur. Sehingga ia bisa mencapai kecukupan waktu istirahat yang berkualitas dan tidak mudah uring-uringan.

Yang perlu diperhatikan ketika membawa si Kecil berolahraga adalah menghindari dehidrasi. Bawalah selalu air minum untuk si Kecil ketika berada di luar rumah. Jangan lupa kenakan pelindung sesuai kebutuhan aktivitasnya. Misalnya, helm untuk si Kecil pakai ketika bermain sepeda. Dan sebelum berolahraga, Bunda jangan lupa memeberikan DANCOW EXCELNUTRI+ kepada si Kecil untuk memberikannya perlindungan fisik selama melakukan aktivitas fisik.

Selain itu, Bunda sebaiknya membatasi waktu olahraga supaya si Kecil tidak kelelahan dan staminanya berkurang. Karena bila berlebihan, alih-alih sehat, si Kecil bisa jatuh sakit. Untuk itu, Bunda tetap harus memilih jenis olahraga yang cocok dengan si Kecil dan terus mendampinginya selama beraktivitas.

DANCOW Bantu Lindungi Eksplorasi si Kecil.