Parenting

Saat yang Tepat Mendidik Si Kecil Membaca

11-11-2020

Saat yang Tepat Mendidik Si Kecil Membaca

Sebagai orangtua, Bunda pasti ingin si Kecil tumbuha cerdas dan memiliki kemampuan lebih baik ketimbang anak seusianya. Hingga akhirnya Bunda memberikan banyak stimulasi untuk mendorong perkembangannya. Apalagi beberapa tahun terakhir, beragam lembaga pendidikan anak usia dini begitu menjamur di kota besar. Hingga Bunda terdorong untuk mempercepat fase pengenalan pembelajaran formal kepada anak. Seperti belajar membaca.

Namun sesungguhnya, kapankah waktu yang tepat bagi si Kecil untuk mulai belajar membaca? Menurut artikel Perkembangan Literasi Anak, pada situs Ikatan Dokter Anak Indonesia, Bunda bisa memperkenalkan pelajaran membaca ketika anak berusia 4 tahun. Di fase pra-sekolah ini, ia bisa belajar membaca dengan mengenal huruf dan angka, mendengarkan sajak berima, mencocokkan kata-kata dengan bunyi awal atau akhir yang sama. Bila sudah dapat mengeja suku kata - seperti b-a, ba - tidak lama kemudian ia akan dapat membaca kata-kata sederhana. Misalnya ibu, sapi, bibi. Untuk mendukung proses belajar membacanya, Bunda bisa memberikan stimulasi berupa:

1. Balok atau magnet huruf

Menggunakan balok atau magnet yang berbentuk beragam huruf, Bunda bisa merangkai banyak kata. Bisa pula, minta si Kecil membentuk barisan balok atau magnet berdasarkan kombinasi huruf yang disukainya. Lalu, ajarkan dia untuk mengeja atau membaca dereta huruf itu.

 

2. Flash card

Dalam permainan kartu ini, Bunda bisa menunjukkan gambar pada si Kecil. Kemudian, sebutkanlah nama benda, hewan, bentuk, atau warna pada kartu sesuai kata yang tertera di bawah gambar itu. Ajarkan si Kecil cara mengejanya. Bila sudah beberapa kali, mintalah dia untuk membaca sendiri tulisan tersebut.

 

3. Bacakan buku

Jika Bunda punya banyak koleksi buku di rumah, membacakanlah salah satunya untuk si Kecil. Lebih baik lagi bila buku tersebut berisi gambar menarik dan cerita singkat dengan ukuran huruf yang lumayan besar. Sehingga Bunda bisa memintanya untuk mencoba mengeja kalimat dalam buku itu.

 

4. Mengenalkan bagian buku

Untuk menumbuhkan kedekatan si Kecil dengan kegiatan membaca, Bunda bisa mengenalkannya pada buku. Seperti menjelaskan bagian-bagian buku. Mulai dari sampul, judul, nama pengarang, daftar isi, dan sebagainya. Seperti kata pepatah, tak kenal maka tidak sayang. Begitu pula dengan membaca. Ketika mengenal dan terbiasa dengan buku, ia pun akan terdorong untuk membacanya.

 

5. Main tebak gambar

Permainan tebak gambar bisa Bunda lakukan dengan menggunakan papan tulis kecil, kapur atau spidol. Cara permainannya pun cukup mudah. Awalnya, Bunda membuat gambar hewan, buah, atau benda apapun. Lalu, berikanlah garis-garis di bawah gambar yang jumlahnya sesuai abjad nama gambar itu. Mintalah si Kecil untuk menebak nama gambar. Setelah tertebak, ajak ia untuk menuliskan nama gambar dan mengejanya. Biar permainan lebih seru, ajak pula anggota keluarga lainnya.

 

Dancow bantu lindungi eksplorasi si Kecil #DANCOWLindungi