Nutrisi

Manfaat Membaca Cerita dan 5 Cara Agar Menarik Si Buah Hati

28-10-2020

Membacakan cerita anak sebelum tidur memiliki banyak manfaat positif

Manfaat membaca cerita untuk anak ternyata banyak sekali, lho, Bunda. Saat Si Buah Hati memasuki usia toddler, ia mulai memiliki kemampuan mengenali benda dan warna. Inilah saat yang tepat untuk memberikan stimulasi sederhana kepada Si Buah Hati agar kecerdasannya semakin berkembang optimal. Salah satunya lewat kegiatan membacakan cerita anak sebelum ia tidur.

 

Membacakan cerita atau dongeng sebelum tidur merupakan salah satu stimulasi tumbuh kembang anak sederhana yang baik untuk mengoptimalkan perkembangan kognitif Si Buah Hati. 

 

Manfaat membaca cerita untuk anak adalah membantu perkembangan bahasa serta dapat mempererat hubungan antara Bunda dengan Si Buah Hati tercinta. Nah, agar kegiatan membacakan cerita ini jadi semakin seru, Bunda bisa juga mengkreasikan aktivitas ini jadi lebih menyenangkan. Beberapa hal yang bisa dilakukan antara lain: 

 

1. Ciptakan Suasana yang Nyaman

Si Buah Hati yang memasuki usia toddler mungkin tak tahan duduk diam saat dibacakan cerita. Jadi, buatlah suasana senyaman mungkin agar ia betah mendengarkan cerita. Bunda bisa membacakan cerita sambil memangku atau memeluk Si Buah Hati agar ia merasa nyaman.

 

Tentunya, Si Buah Hati jadi tahu cari bersikap tenang. Ini bisa menjadi manfaat membaca cerita untuk anak. Ia akan lebih fokus dan bisa berdiam sendiri sejenak.

 

2. Kreasikan Cerita Dongeng

Agar Si Buah Hati makin tertarik mendengarkan cerita, kreasikan cerita dongeng yang ada dengan menambahkan karakter-karakter orang yang dikenal olehnya. Bunda juga bisa membuat Si Buah Hati menjadi salah satu karakter dalam cerita untuk memicu daya imajinasinya. Itu sebabnya, manfaat membaca cerita salah satunya adalah menstimulasi Si Buah Hati agar berpikir kreatif.

 

3. Tampilkan Cerita dengan Cara Unik

Daripada sekadar membacakan cerita begitu saja, lengkapi aktivitas membaca cerita dengan pertunjukkan atau permainan sederhana. Misalnya, Bunda bisa membuat bayangan di dinding menggunakan tangan yang disinari senter untuk menampilkan karakter dalam cerita yang sedang dibaca.

 

4. Ekspresikan Lewat Suara dan Gerakan Tubuh

Jangan hanya sekedar membaca kalimat per kalimat yang ada di buku ya, Bunda. Saat membacakan cerita, gunakan lah suara yang berbeda untuk tiap karakter dan lengkapi dengan gerakan tubuh yang sehingga Si Buah Hati lebih tertarik untuk memperhatikan. 

 

Selain itu, saat membacakan cerita, pastikan Bunda sering melakukan kontak mata dengan Si Buah Hati agar pesan dari cerita lebih tersampaikan.

 

5. Buat Dekorasi Sederhana

Jika biasanya Bunda membacakan cerita untuk Si Buah Hati di atas tempat tidur, kali ini coba buatlah dekorasi sederhana agar aktivitas membaca cerita jadi lebih seru. Misalnya saja, membangun “tenda” kecil-kecilan dari selimut atau sprei yang digunakan sebagai tempat membaca cerita.

 

Untuk mendapatkan manfaat baca cerita yang maksimal. sebaiknya bacakan sebelum tidur dengan rutin setiap hari. Ini agar Si Buah Hati mendapatkan stimulasi kognitif yang optimal, Bunda. Selain membacakan cerita anak sebelum tidur, jangan lupa untuk melengkapi kebutuhan nutrisi Si Buah Hati agar perkembangan dimensi kognitifnya semakin optimal. 

 

Berikan Si Buah Hati DANCOW 1+ Nutritods. Ini adalah produk susu pertumbuhan yang diformulasi untuk anak Indonesia usia toddler 1-3 tahun, dengan kandungan 0 gram sukrosa, tinggi kalsium & protein, minyak ikan, omega 3 & 6, serat pangan inulin dan mikronutrien lainnya, serta Lactobacillus rhamnosus. DANCOW 1+ Nutritods membantu memberikan perlindungan kesehatan saat Si Buah Hati aktif bereksplorasi.