Stimulasi

Benarkah Membacakan Dongeng Dapat Menstimulasi Perkembangan Anak Toddler?

01-09-2021

Benarkah Membacakan Dongeng Dapat Menstimulasi Perkembangan Anak Toddler?

Untuk Si Buah Hati berusia dua tahun, membacakan dongeng anak merupakan salah satu bentuk stimulasi yang dapat mendukung perkembangan kemampuannya. Mulai dari meningkatkan kemampuan kognitif, bahasa, motorik, sosialisasi, membaca bahkan memiliki efek positif untuk Kesehatan. Apalagi di usia dua tahun, Si Buah Hati semakin tumbuh besar dan penuh dengan rasa ingin tahu akan banyak hal. Tentunya ia membutuhkan stimulasi tepat yang seusai usia untuk mengoptimalkan tumbuh kembangnya.

 

Seri Dongeng Aku Dan Kau yang dihadirkan oleh DANCOW merupakan seri dongeng anak asli Indonesia yang bisa Bunda bacakan untuk Si Buah Hati. Dengan rutin membacakan dongeng anak, Si Buah Hati dapat mengenal dunia yang lebih luas dari buku bacaan, hingga belajar banyak pengetahuan baru. Inilah mengapa membacakan Dongeng Aku Dan Kau bisa jadi salah satu stimulasi yang baik untuk mengoptimalkan tumbuh kembangnya. Beberapa manfaat lain yang bisa didapatkan saat Bunda dan Si Buah Hati bersama-sama membaca seri Dongeng Aku Dan Kau antara lain:

 

  1. Meningkatkan Fokus

image

Saat mendengarkan Bunda membaca buku dongeng anak, Si Buah Hati memerlukan pemahaman untuk dapat mengerti jalan cerita yang dibacakan. Pemahaman ini tentu berkaitan erat dengan kemampuannya fokus saat mendengarkan. Jadi rutin membacakan dongeng anak akan meningkatkan kemampuan Si Buah Hati dalam fokus terhadap suatu kegiatan.

 

  1. Mengembangkan Kemampuan Berpikir Kreatif

image

Berpikir kreatif merupakan salah satu kemampuan yang penting untuk membantu Si Buah Hati tumbuh menjadi pribadi yang dapat memecahkan masalah di kemudian hari.

Berbagai penelitian menyatakan bahwa kemampuan berpikir kreatif dapat dikembangkan lewat berbagai kegiatan, salah satunya membaca. Dengan membacakan dongeng anak kepada Si Buah Hati, akan memupuk minatnya terhadap kegiatan membaca sehingga akhirnya mengembangkan kemampuan berpikir kreatifnya.

 

Baca Juga: Dongeng untuk Dukung Perkembangan Anak Prasekolah

 

  1. Meningkatkan Kemampuan Kognitif

image

Membaca dongeng juga bisa menjadi stimulasi anak 2 tahun yang baik untuk kemampuan kognitifnya. Menurut penelitian, membacakan dongeng kepada Si Buah Hati akan turut menstimulasi Si Buah Hati untuk tertarik membaca buku sendiri di kemudian hari sehingga pada akhirnya mengembangkan kemampuan kognitif mereka.

 

  1. Meningkatkan Keterampilan Berpikir Kritis

image

Secara tidak langsung, membacakan dongeng anak bagi Si Buah Hati dapat mengasah kemampuan berpikir kritisnya. Untuk melatih kemampuan berpikir kritis, Si Buah Hati haruslah memiliki minat baca terlebih dahulu, semakin banyak ia membaca dan mendapatkan pengetahuan, otaknya semakin terstimulasi sehingga saat dewasa nanti ia mampu berpikir kritis.

 

Dengan berbagai manfaat tadi, wajar jika membacakan dongeng anak adalah stimulasi yang baik untuk perkembangan Si Buah Hati. Jadi, selalu luangkan waktu untuk membacakan dongeng dan jadikan kegiatan membaca dongeng Indonesia sebagai tradisi yang tak ternilai bagi Bunda dan Si Buah Hati. Tak perlu khawatir kehabisan cerita karena DANCOW menghadirkan seri Dongeng Aku Dan Kau yang bisa Bunda dapatkan dengan membeli DANCOW Nutritods. Ada 15 seri Dongeng Aku Dan Kau yang bisa Bunda dan Si Buah Hati baca bersama, lho. Yuk, beli DANCOW 1+/3+/5+ Nutritods ukuran 800g/1kg bertanda khusus sekarang dan kumpulkan seri dongengnya! Bunda juga mengakses halaman Dongeng Aku Dan Kau untuk mengikuti berbagai aktivitas seru yang bisa dinikmati bersama Si Buah Hati. Seperti berkenalan dan mewarnai karakter dongeng favorit Si Buah Hati, serta mengikuti kompetisi mendongeng dengan berbagai hadiah menarik!

 

Selain membacakan dongeng anak sebagai stimulasi, Bunda juga perlu memastikan Si Buah Hati terlindungi dan kebutuhan nutrisinya terpenuhi sehingga stimulasi yang diberikan dapat diterima anak secara optimal. DANCOW 1+ Nutritods dengan 0 gram sukrosa, Lactobacillus rhamnosus, Omega 3 & 6, Minyak Ikan, Vitamin C & D, Zat Besi, Zink, dan nutrisi penting lainnya membantu memenuhi kebutuhan nutrisi Si Buah Hati.