Stimulasi

4 Kegiatan Sederhana Meningkatkan Kecerdasan Otak Si Buah Hati

05-11-2020

4 Kegiatan Sederhana untuk Asah Otak si Kecil

Di usia satu tahun, perkembangan anak semakin dinamis dan menarik. Sebab sel-sel dalam otaknya mengalami peningkatan berkali lipat secara intens. Sehingga setiap stimulasi, berupa suara, penglihatan, sentuhan, perasaan, rasa, dan bau menjadi hal yang sangat penting dalam perkembangan otaknya. Nah, Berikut beberapa kegiatan sederhana bisa Bunda lakukan untuk membantu meningkatkan kecerdasan otak Si Buah Hati:

Bermain dengan gembira

Jika ingin Si Buah Hati menjadi pembelajar yang bersemangat dan antusias, maka Bunda bisa mengajak dia bermain dengan gembira. Seperti melemparkan komentar positif yang membuatnya bersemangat melakukan dan mempelajari hal baru. Sebaliknya, bila Ayah dan Bunda diam saja atau bahkan tidak mendukung aktivitasnya, mereka cenderung akan menyerah dan tidak terdorong untuk belajar sesuatu yang baru.

Bermain yang melibatkan gerak fisik

Permainan yang melibatkan gerak fisik dapat meningkatkan kecerdasan otak anak. Untuk melakukannya, Bunda bisa memutar musik sambil mengajak Si Buah Hati menari dan menggerak-gerakkan badan, permainan tatap wajah seperti cilukba, atau mengangkatnya dengan posisi seperti pesawat terbang di atas kepala Ayah atau Bunda.

Bermain bersama

Bila mungkin, Bunda lakukanlah permainan-permainan bersama Si Buah Hati sesering mungkin daripada membiarkan anak bermain sendiri dengan mainannya. Lakukan juga kegiatan yang mendorong kognitifnya, seperti permainan mencari kotak harta karun. Atau, sekedar isi bak mandi dengan air hangat dan sabun, dan bermainlah dengan gelembung sabun di dalamnya. Interaksi dengan orang lain adalah cara paling efektif bagi anak untuk bermain sambil belajar hal baru. Di momen itu, berikan ia waktu untuk mengeksplorasinya sendirian, sebelum Bunda melibatkan diri untuk bermain bersama.

Membacakan cerita

Para ahli setuju bahwa tidak ada istilah terlalu dini untuk membaca bersama Si Buah Hati. Membacakan cerita sejak dini bisa meningkatkan kecerdasan otak, termasuk menambah kosakata, meningkatkan kecerdasan emosional, dan membangun empati. Membaca bersama-sama juga merupakan cara yang efektif untuk meningkatkan ikatan antara orang tua dan anak, mengurangi agresi dan kecemasan.

Bagaimana cara membaca yang efektif? Selama membaca, berilah nama pada setiap emosi yang terjadi pada setiap karakter. Hal ini membantu Si Buah Hati melihat berbagai emosi dari perspektif orang lain. Misalnya, bila hewan di buku cerita tampak senang, sebutkan nama perasaannya, kemudian tersenyumlah padanya. Setelah melakukan kegiatan-kegiatan dan permainan tersebut, sediakan waktu untuk beristirahat, seperti tidur. Ketika tidur, otak Si Buah Hati memproses segala hal yang telah dipelajari ke dalam memori jangka panjang.