Stimulasi

Kecerdasan Anak Banyak Jenisnya, lho! Bunda Sudah Tahu?

21-02-2022

kecerdasan anak

Seiring berlangsungnya tumbuh-kembang si Buah Hati, Bunda mungkin mulai berpikir, kecerdasan apa yang dimilikinya, ya?

 

Mengetahui kecerdasan anak sejak awal akan membantu Bunda memberikan stimulasi yang tepat kepada si Buah Hati, sehingga dapat mengembangkan kompetensi dan potensi yang ia miliki dengan optimal.

 

Jika menggunakan pemikiran tradisional, maka kecerdasan anak hanya dinilai berdasarkan hasil tes IQ (intelligence quotient) saja, Bunda. Menilai kecerdasan berdasarkan IQ seperti menyatakan bahwa kecerdasan manusia hanya memiliki satu bentuk saja yang sifatnya umum.

 

Selain itu, kecerdasan ini bersifat tetap sejak seseorang lahir dan sulit untuk berubah.

 

Namun dalam tiga dekade terakhir, berkembang pemikiran baru mengenai kecerdasan yang sangat berbeda, yaitu multiple intelligence atau kecerdasan majemuk. Teori ini dikemukakan oleh Howard Gardner, seorang psikolog perkembangan dan profesor di Harvard Graduate School of Education, pada 1983.

 

Dalam aspek kecerdasan anak ini, Gardner menyatakan bahwa kecerdasan tidak terbatas dalam satu bentuk saja melainkan majemuk. Menurutnya, ada delapan jenis kecerdasan yang dimiliki manusia, yang masing-masing mewakili cara manusia dalam memproses informasi. Berbeda dengan IQ, kecerdasan ini dipengaruhi oleh faktor genetik dan budaya.

 

Kedelapan jenis kecerdasan ini, antara lain:

 

  • Kecerdasan verbal-linguistik

Merupakan kecerdasan dalam menganalisa informasi dan penggunaan kata-kata secara efektif. jenis kecerdasan anak ini membuat si Buah Hati nantinya memiliki kemampuan lebih dalam membaca, menulis, berbicara, bercerita, dan penggunaan bahasa untuk berkomunikasi.

 

  • Kecerdasan logika-matematika

Merupakan kecerdasan untuk menganalisa masalah secara logis, memahami pola angka-angka dalam matematika, dan menyelesaikan masalah secara ilmiah. Si Buah Hati dengan kecerdasan ini nantinya akan ahli dalam menghitung, membuat rumus, dan memecahkan masalah.

 

  • Kecerdasan musikal

Merupakan kecerdasan anak yang membuatnya mampu mengenali nada, titinada, dan irama dalam musik, kemudian mengekspresikan diri lewat musik. Ia akan dengan mudah memahami musik secara mendalam dan menikmati bermain alat musik atau menyanyikan lagu.

 

  • Kecerdasan gerak tubuh

Merupakan kecerdasan dalam mengontrol tubuh dan menggunakan fisiknya untuk memecahkan masalah atau berkreasi. Buah hati Bunda yang memiliki kecerdasan gerak tubuh biasanya memiliki koordinasi dan keseimbangan tubuh yang baik dan senang beraktivitas fisik.

 

  • Kecerdasan visual-spasial

Merupakan kecerdasan dalam memvisualisasikan sesuatu dan memiliki nalar yang baik terhadap ruang dan arah. kecerdasan anak ini membuatnya dapat membaca grafik dan bagan dengan mudah, senang berkreasi melalui seni rupa, serta cepat menyelesaikan permainan puzzle.

 

  • Kecerdasan interpersonal

Merupakan kecerdasan dalam mengartikan dan memahami perasaan, mood, keinginan, dan niat orang lain. Anak yang memiliki kecerdasan ini dapat menjalin hubungan yang baik dengan orang lain, berkomunikasi dengan baik, dan bekerja dengan efektif bersama orang lain.

 

  • Kecerdasan intrapersonal

Merupakan kecerdasan untuk memahami diri, termasuk mengetahui emosi, keinginan, kelebihan dan kekurangan, potensi diri, dan lainnya. Karakteristik dari kecerdasan anak ini adalah memiliki kesadaran diri yang tinggi, kenal dengan dirinya sendiri, serta senang menganalisa teori dan ide.

 

  • Kecerdasan naturalis

Merupakan kecerdasan dalam mengenali dan mengklarifikasi  flora, fauna, dan segala sesuatu di alam, serta memiliki kepekaan terhadap bentuk-bentuk yang ada di alam. Anak dengan kecerdasan naturalis umumnya gemar mempelajari biologi, botani, zoologi, dan astronomi, serta hobi berpetualang di alam. 

 

Perlu Bunda pahami bahwa jenis kecerdasan anak ini tidak ada artinya tanpa stimulasi. Karena itu, untuk memastikan perkembangan kecerdasan anak, Bunda bisa menstimulasi si Buah Hati dengan kegiatan-kegiatan yang sesuai dengan jenis kecerdasan yang ia miliki.

 

Misalnya, Buah Hati dengan kecerdasan visual-spasial yang biasanya senang menggambar diberikan peralatan menggambar. Bisa juga Buah Hati dengan kecerdasan logika-matematika diperkenalkan dengan berhitung lewat lagu-lagu sederhana.

 

Dukung pula perkembangan kecerdasan Buah Hati Bunda dengan pemberian nutrisi yang tepat, yaitu Dancow 3+ Nutritods.

 

Susu bubuk ini mengandung 0 gram sukrosa serta zat besi, zink, omega-3  dan omega-6, minyak Ikan, Vitamin A dan C, serta Lactobacillus rhamnosus.

 

Dengan stimulasi yang tepat ditambah dukungan nutrisi dari Dancow 3+ Nutritods, perkembangan pun dapat berlangsung dengan optimal.

 

Referensi:

 

 

 

The Theory of Multiple Intelligences and Critical Thinking (2015) – Glokalde. Retrieved January 30, 2022, from http://www.glokalde.com/pdf/issues/2/Article6.pdf