Stimulasi

Jarang Disadari Orang Tua, Ini Bentuk Tumbuh Kembang Anak 1 Tahun

26-04-2021

Jarang Disadari Orang Tua, Ini Bentuk Tumbuh Kembang Anak 1 Tahun

Setiap perkembangan Si Buah Hati tentu akan jadi momen sangat berharga. Iya kan, Bunda? Sebagai orang tua tentunya tak ingin melewatkan pertumbuhan dan kemampuan anak seiring bertambahnya usia.

Pada usia 1 hingga tumbuh kembang anak usia 3 tahun, banyak sekali kemampuan dasar yang akan semakin terlihat pada anak. Misalkan, keinginan dan kemampuan motorik hingga berkomunikasi. Tak hanya perkembangan fisik dan kognitif, anak berusia 1 tahun juga mengalami perkembangan emosional namun jarang disadari orang tua. Berikut ini bentuk tumbuh kembang anak 1 tahun yang jarang disadari namun wajib Bunda ketahui.

Si Buah Hati Menangis Saat Ditinggal Ayah atau Bunda

Menangis saat dipisahkan dari Ayah atau Bundanya adalah bentuk tumbuh kembang anak 1 tahun secara emosional. Namun seiring waktu, balita biasanya ingin melakukan aktivitas seorang diri. Ini merupakan tahap awal ia belajar tentang konflik, kebingungan, dan kadang-kadang merusak sesuatu.

 

Gugup atau malu saat bertemu orang yang baru

Masih terkait dengan kecerdasan emosi, Si Buah Hati akan mulai menyadari betapa dunia ini luas kadang menyenangkan tapi bisa juga menakutkan. Salah satunya saat bertemu orang asing atau baru. Apalagi saat dititipkan ke mertua atau orang kepercayaan Bunda. Reaksi yang timbul juga bermacam-macam. Ada yang “langsung nempel” sama orang baru, ada juga yang gugup atau gemetar. Semua reaksi yang terjadi sejatinya adalah wajar, kok, Bunda.

 

Mengulang tindakan atau perkataan orang lain

Aspek kognitif yang satu ini tanpa disadari merupakan bentuk tumbuh kembang anak 1 tahun. Si Buah Hati akan mulai berpikir, belajar, dan mengingat perilaku orang atau kejadian di lingkungannya. Hal tersebut menjadi tanda bahwa aspek kognitif anak berkembang. Perlahan ia akan memahami simbol, mulai meniru, membayangkan, dan bermain pura-pura. Banyaklah berinteraksi dengan anak dengan mengajaknya bermain, seperti role play atau memberikan gambar-gambar yang menarik. Dengan begitu anak bisa mempelajari banyak hal baru.

 

Sulit untuk berhenti bercanda

Si Buah Hati sudah mulai fasih bermain ‘Cilukba’? Salah satu aspek yang mengalami perkembangan pada anak usia 1 tahun adalah kemampuan berbahasa. Menginjak usia 15 hingga 18 bulan, akan akan mulai memahami kosa kata yang semakin banyak, hingga 10 kali lebih banyak dari yang bisa ia katakan. Maka tak jarang, Si Buah Hati senang sekali mengajak Bunda berbicara atau sekadar bercanda. Dibutuhkan tenaga ekstra untuk terus meladeni pembicaraan anak. Dari sinilah Si Buah Hati akan aktif bertanya banyak hal seiring bertambahnya umur.

 

Mengulurkan tangan dan kaki saat dikenakan pakaian

Perkembangan yang satu ini juga sayang untuk dilewatkan orang tua. Pada usia satu tahun, anak mulai dapat mengulurkan tangan dan kaki saat dikenakan pakaian. Artinya, kemampuan sensorik dan motorik tumbuh kembang anak 1 tahun Si Buah Hati berjalan optimal. Di saat itu juga, umumnya anak akan mencapai tahap kontrol dan koordinasi sehingga bisa berdiri dan berjalan dengan mantap. Tak jarang juga, Si Buah Hati langsung pengen lari aja, tuh. Didampingi ya Bunda.

Kendati tindakan mereka terlihat usil, hal-hal tersebut merupakan bentuk perkembangan kecerdasan emosional dari Si Buah Hati. Tentunya Bunda juga harus sabar dan telaten saat memonitori perkembangan anak.

DANCOW 1+ Nutritods adalah susu pertumbuhan yang diformulasi untuk anak Indonesia usia toddler 1-3 tahun, dengan kandungan 0 gram sukrosa, lebih banyak laktosa dibandingkan formula sebelumnya, tinggi kalsium & protein, minyak ikan, omega 3 & 6, serat pangan inulin dan mikronutrien lainnya serta Lactobacillus rhamnosus. DANCOW 1+ Nutritods juga bantu dukung eksplorasi masa Toddler Si Buah Hati usia 1-3 tahun.