Nutrisi

Ini 3 Kriteria Susu Pertumbuhan Anak yang Baik Menurut Ahli

04-11-2020

Kriteria Susu Pertumbuhan yang Baik Menurut Ahli

Tentu Bunda sudah mengetahui, bahwa susu adalah salah satu sumber nutrisi yang dapat melengkapi kebutuhan nutrisi Si Buah Hati. Namun, dengan beredarnya berbagai produk susu, terkadang membuat Bunda kebingungan dalam memilih susu pertumbuhan untuk anak. 

Apalagi, bagi Si Buah Hati sudah yang sudah memasuki usia toddler (1-3 tahun). Apa sebenarnya peran penting susu pertumbuhan anak 1 tahun  dan apa saja kriteria susu anak yang bagus yang baik bagi pertumbuhannya? Jawabannya dapat Bunda simak di bawah ini.

Susu Pertumbuhan untuk Anak yang Kaya Nutrisi

Setelah memasuki usia toddler, kebutuhan nutrisi Si Buah Hati makin bertambah untuk menunjang tumbuh kembangnya. Susu pertumbuhan untuk anak dapat membantu melengkapi asupannya.

Lembaga Kesehatan Inggris, NHS UK, menyarankan anak mengonsumsi susu formula tanpa gula untuk membantu cukupi asupan energi, protein, vitamin dan mineral. Termasuk kalsium yang  dibutuhkan anak dalam proses pertumbuhan tulang dan gigi yang sehat.   

Hal ini kemudian sesuai dengan pemaparan dari British Dietetic Association (BDA) UK, bahwa anak usia toddler membutuhkan sekitar 350 mg kalsium per hari. Kebutuhan ini dapat diperoleh dengan mengonsumsi 300 ml susu anak.

Susu Pertumbuhan untuk Anak yang Baik Menurut Para Ahli

Memilih susu pertumbuhan untuk anak perlu dilakukan dengan lebih teliti. Sebab, Bunda perlu memastikan kandungan nutrisi di dalamnya baik untuk mendukung tumbuh kembang Si Buah Hati.Menurut dr. Soedjatmiko SpA(K), Msi, dari Departemen Ilmu Kesehatan Anak FKUI-RSCM, Bunda disarankan memilih susu pertumbuhan untuk anak yang mengandung kalsium, fosfor, ribovlafin, serta vitamin dan mineral.

Sebaiknya hindari pemberian susu untuk anak 1 tahun ke atas yang mengandung gula (sukrosa) tinggi karena dapat meningkatkan risiko obesitas atau kegemukan. WHO merekomendasikan konsumsi gula tambahan tidak melebihi 10% dari total kebutuhan kalori Si Buah Hati per harinya. Ini kurang lebih setara dengan 25 gr atau lima sendok teh.

Selain itu, apa saja kriteria yang menentukan bahwa susu pertumbuhan untuk anak itu baik bagi tumbuh kembang Si Buah Hati? Berikut pendapat dari beberapa ahli:

1. Mengandung Makronutrien & Mikronutrien

Ahli diet senior Charlotte Lin dari National University Hospital, menjelaskan bahwa anak usia toddler memang membutuhkan nutrisi yang mirip dengan orang dewasa, namun dalam porsi yang lebih kecil. 

Untuk membantu melengkapi asupan gizinya, Bunda direkomendasikan memilih susu pertumbuhan anak 1 tahun yang mengandung protein, zat besi, zink, dan kalsium. Selain itu, Bunda juga sebaiknya memastikan bahwa susu pertumbuhan Si Buah Hati mengandung vitamin A, B, dan D. Menurut Frank Greer, M.D., ketua komite nutrisi dari lembaga kesehatan anak American Academy Pediatric, vitamin ini penting untuk mendukung pertumbuhannya.

2. Mengandung DHA

Dr. Han Wee Meng yang merupakan Kepala Departemen Nutrisi dan Diet di KK Women’s Children’s Hospital, merekomendasikan Bunda untuk memilih susu pertumbuhan yang memiliki kandungan DHA dan AA serta lutein. Ketiga nutrisi ini penting untuk membantu perkembangan otak, menjaga kesehatan mata Si Buah Hati, membantu mencerna lemak, serta meningkatkan daya tahan tubuhnya.

3. Mengandung Probiotik

Beberapa susu pertumbuhan memiliki kandungan probiotik, yakni bakteri baik yang hidup dan berkembang biak di saluran cerna. Berdasarkan hasil studi yang dilakukan oleh Department of Paediatrics, The Medical University of Warsaw, Polandia, faktanya asupan probiotik Lactobacillus rhamnosus dapat membantu memberikan perlindungan Si Buah Hati dari diare dan infeksi saluran pernapasan. 

Jadi, tidak ada salahnya bila Ibu juga mempertimbangkan memilih susu pertumbuhan yang mengandung probiotik bagi Si Buah Hati.

Nah, dengan menyimak manfaat susu untuk anak dan rekomendasi dari beberapa ahli di atas, harapannya Bunda tak lagi bimbang dalam memilih susu pertumbuhan yang tepat untuk mengoptimalkan tumbuh kembang Si Buah Hati usia toddler. DANCOW 1+ Nutritods merupakan produk susu yang diformulasi untuk anak Indonesia usia toddler 1-3 tahun, dengan kandungan 0 gram sukrosa, tinggi kalsium & protein, minyak ikan, omega 3 & 6, serat pangan inulin dan mikronutrien lainnya, serta Lactobacillus rhamnosus.

Jadi, sebelum membeli susu anak 1 tahun, pastikan Bunda cek label kemasan dengan teliti, ya. Pilih susu pertumbuhan untuk anak yang kandungan di dalamnya sesuai dengan kebutuhan usia Si Buah Hati. Yuk, bantu cukupi kebutuhan gizi Si Buah Hati Bunda!