Parenting

Ingin Tahu Cara Membuat Anak Cerdas? Terapkan 5 Kebiasaan Ini!

22-04-2022

Ingin Tahu Cara Membuat Anak Cerdas? Terapkan 5 Kebiasaan Ini!

Merupakan hal yang wajar jika Bunda dan Ayah menginginkan Si Buah Hati tumbuh menjadi anak yang cerdas dan pintar. Mungkin sudah mendengarkan berbagai saran dari keluarga atau sesama orang tua mengenai cara membuat anak cerdas.

 

Namun, perlu Bunda pertimbangkan bahwa setiap anak itu unik dengan kecepatan tumbuh-kembang dan tipe kecerdasannya masing-masing. Makanya, jika ingin Si Buah Hati tumbuh menjadi anak yang cerdas, maka lakukan dengan cara yang sesuai dengan kecerdasan yang ia miliki.

 

Kenali Terlebih Dahulu Jenis Kecerdasan Si Buah Hati

Sebelum membuat kebiasaan sehari-hari sebagai cara mendidik anak agar cerdas, maka Bunda harus terlebih dahulu mengenali kecerdasannya.

 

Menurut teori kecerdasan majemuk yang diperkenalkan oleh Howard Gardner, ada delapan jenis kecerdasan yang dimiliki manusia, dan salah satunya mungkin dimiliki oleh Si Buah Hati. Delapan kecerdasan itu adalah:

 

  • Kecerdasan verbal-linguistik yang berhubungan dengan bahasa dan komunikasi.

  • Kecerdasan logika-matematika yang berhubungan dengan pemikiran secara logis dan pemahaman angka-angka.

  • Kecerdasan musikal yang berhubungan dengan musik.

  • Kecerdasan gerak tubuh yang berhubungan dengan kontrol dan koordinasi tubuh.

  • Kecerdasan visual-spasial yang berhubungan dengan penggunaan nalar untuk visualisasi dan ruang.

  • Kecerdasan interpersonal yang berhubungan dengan memahami orang lain.

  • Kecerdasan intrapersonal yang berhubungan dengan memahami diri-sendiri.

  • Kecerdasan naturalis yang berhubungan dengan alam.

 

Bagaimana cara menemukan kecerdasan yang dimiliki Si Buah Hati?

 

Bisa dengan pengamatan sehari-hari, lalu Bunda berkonsultasi dengan ahli perkembangan anak untuk memastikan hasil pengamatan tersebut. Dari sinilah, Bunda bisa berkonsultasi tentang stimulasi dan cara membuat anak cerdas. Karena jika tidak distimulasi, maka kecerdasan Si Buah Hati tidak ada artinya.

 

Lima Kebiasaan dalam Cara Membuat Anak Cerdas

Cara membuat anak cerdas dan pintar membutuhkan keterlibatan orang tua. Bunda bisa membuat berbagai kebiasaan untuk membuat Si Buah Hati tumbuh menjadi anak yang cerdas, terutama jika Bunda sudah mengetahui jenis kecerdasan yang dimilikinya. Berikut ini lima kebiasaan yang bisa Bunda terapkan:

 

1. Memberikan makan dengan gizi seimbang

Asupan yang bergizi pada tiga waktu makan besar dan dua waktu ngemil dapat membantu Si Buah Hati tumbuh sehat dan cerdas. Menurut penelitian, dari satu juta anak sekolah yang diberi sarapan dan makan siang penuh gizi di sekolah, performa akademisnya meningkat sebanyak 16 persen, dan sejumlah 76 ribu anak tidak lagi dianggap tidak mampu belajar.

 

2. Membaca bersama

Kegiatan satu ini disarankan untuk dilakukan sejak Si Buah Hati masih bayi, dan terus dilakukan sampai usianya lebih besar. Membaca dapat melatih Si Buah Hati menjadi lebih cerdas bahasa, menambah wawasannya karena ia terekspos dengan banyak pengetahuan, dan meningkatkan bonding antara Bunda dan Buah Hati. Bunda bisa membuat kebiasaan membaca bersama sebelum ia tidur.

 

Baca Juga: Tahapan Kecerdasan Linguistik Anak

 

3. Membiasakan tidur yang cukup dan berkualitas

Tidur yang cukup dan berkualitas sangat penting bagi anak karena saat tidur, hormon-hormon pertumbuhan diproduksi. Saat tidur pula, sel-sel di tubuhnya disegarkan dan diperbaiki. Menurut penelitian, tidur yang cukup juga berpengaruh kepada pembelajaran dan daya ingat.

 

4. Berkomunikasi dengan baik

Cara membuat anak cerdas lainnya adalah dengan membiasakannya untuk berkomunikasi timbal balik dengan berbicara dan mendengarkan. Menurut para ahli perkembangan anak, anak yang sudah dibiasakan berkomunikasi dengan baik saat usia dini, cenderung memiliki IQ lebih tinggi dan lebih sukses di sekolah.

 

5. Bermain dan beraktivitas bersama

Orang tua disarankan untuk lebih banyak menghabiskan waktu bersama Si Buah Hati terutama saat usia toddler. Ajak ia belajar aktif menggunakan permainan yang mengasah kecerdasan yang ia miliki, baik di dalam maupun di luar ruangan. Bunda bisa mengajaknya berolahraga, bermain musik, atau yang lainnya, tapi jangan paksakan minat orang tua kepadanya.

 

Untuk melengkapi pemberian makanan bergizi seimbang untuk si Si Buah Hati yang dalam usia toddler (1-3 tahun), Bunda bisa memberikan Si Buah Hati susu Dancow 1+ Nutritods.

 

Susu bubuk ini mengandung berbagai gizi yang diperlukan Si Buah Hati, berupa kandungan 0 gram sukrosa serta tinggi kalsium dan protein, kandungan minyak ikan (DHA) serta omega 3 dan omega 6, serta zink dan Vitamin C yang mendukung fungsi sistem imun tubuh jika disertai dengan diet gizi seimbang. Selain itu, Dancow 1+ Nutritods dilengkapi pula dengan bakteri Lactobacillus rhamnosus dan serat pangan inulin.

 

Cara mendidik anak agar pintar dan cerdas tak bisa lepas dari keterlibatan dan dukungan orang tua. Lakukan sejak dini agar kecerdasannya dapat terstimulasi dan terasah sejak awal, ya Bunda!

 

Referensi :