Stimulasi

Ide Kegiatan di Luar Ruangan untuk Mendukung Perkembangan Anak Toddler

16-07-2021

Sinar matahari untuk kesehatan anak

Ada banyak aktivitas yang dapat dilakukan Bunda bersama Si Buah Hati untuk mendukung perkembangan anak di masa Toddler. Salah satunya adalah dengan mengajak Si Buah Hati bermain di luar ruangan. Beraktivitas di luar ruangan selain dapat menjadi stimulasi yang menyenangkan untuk Si Buah Hati juga dapat mendukung kesehatan Si Buah Hati lho, Bunda. Sebab, saat bermain di luar ruangan ia akan  terkena paparan sinar matahari yang penting dan dibutuhkan oleh tubuhnya untuk mendapatkan asupan vitamin D.

 

Paparan sinar matahari yang cukup dibutuhkan oleh Si Buah Hati untuk mendukung pertumbuhan fisik. Hal ini karena sinar matahari mengandung sinar UVB yang dapat diserap kulit dan diubah menjadi vitamin D3 untuk kemudian disalurkan ke hati dan ginjal dan diubah lagi menjadi vitamin D yang akan disebarkan ke seluruh tubuh.  Sedangkan vitamin D sendiri dibutuhkan untuk mendukung kesehatan tulang dan juga daya tahan tubuh Si Buah Hati. Inilah kenapa beraktivitas di luar ruangan penting untuk mendukung perkembangan Si Buah Hati di usia Toddler. Nah, ingin tahu apa saja aktivitas seru yang dapat Bunda lakukan di luar ruangan bersama anak Toddler? Yuk, simak beberapa ide kegiatan berikut ini.

 

1. Menangkap Gelembung

image

Menangkap gelembung bisa menjadi pilihan aktivitas luar ruangan yang menarik untuk Si Buah Hati sekaligus membantu perkembangan anak. Meski bisa dilakukan juga di dalam rumah, melakukan kegiatan ini di luar rumah lebih baik karena area gerak Si Buah Hati tidak terbatas oleh benda-benda yang ada jika ia bermain di dalam rumah. Bermain menangkap gelembung akan membantu perkembangan visual Si Buah Hati karena ia akan mencoba mengikuti pergerakan gelembung untuk menangkapnya. Selain itu, aktivitas ini juga membantu mengembangkan kemampuan motorik kasar serta koordinasi dan keseimbangan badan Si Buah Hati saat ia berusaha berjalan ke arah gelembung dan menangkapnya.

 

2.  Mencuci Mainan

image

Tahukah Bunda jika paparan dari cahaya yang terang juga baik untuk meningkatkan mood dan konsentrasi Si Buah Hati? Mencuci mainan di halaman rumah merupakan salah satu cara yang menyenangkan agar Si Buah  mendapatkan manfaat baik dari paparan cahaya matahari sekaligus membuatnya aktif bergerak. Mencuci mainan di area luar rumah juga meminimalisir rumah jadi berantakan saat Si Buah Hati melakukan aktivitas ini karena dilakukan di area yang luas dan terbuka.

 

3. Melukis Menggunakan Bahan Alami

image

 

Ajaklah Si Buah Hati keluar rumah untuk mengumpulkan batu-batuan, dedaunan, atau buah-buahan yang kemudian bisa Bunda manfaatkan menjadi peralatan untuk melukis. Kegiatan ini bisa membuat area sekitarnya terlihat sangat berantakan sehingga lebih cocok dilakukan di luar rumah. Namun Bunda tak perlu khawatir, karena kegiatan ini akan membantu Si Buah Hati mengembangkan rasa ingin tahu, bereksplorasi dan bereksperimen tanpa batasan. Dengan menggunakan bahan-bahan alami yang ada di luar rumah, Si Buah Hati bebas berimajinasi dan mengeksplorasi berbagai bentuk serta tekstur.

 

Sebelum mengajak Si Buah Hati bermain dengan seru di luar ruangan, pastikan juga Bunda sudah membantu lindungi langkah eksplorasinya dengan memberikan asupan nutrisi yang cukup. Bunda bisa memberikan DANCOW 1+ Nutritods. DANCOW 1+ Nutritods adalah susu pertumbuhan yang diformulasi untuk anak Indonesia usia toddler 1-3 tahun, dengan kandungan 0 gram sukrosa, lebih banyak laktosa dibandingkan formula sebelumnya, tinggi kalsium & protein, minyak ikan, omega 3 & 6, serat pangan inulin dan mikronutrien lainnya serta Lactobacillus rhamnosus. Berdasarkan survey terhadap 1.205 Bunda theAsianParent, 99% #BundaBangga Memilih DANCOW Nutritods karena bantu penuhi kebutuhan nutrisi Si Buah Hati. Bagaimana dengan Bunda? Yuk, cari tahu pendapat Bunda lainnya tentang DANCOW Nutritods di sini.

 

Selain untuk mencukupi asupan vitamin D Si Buah Hati, bermain di luar ruangan memiliki banyak manfaat positif untuk perkembangan anak. Bermain membantu anak-anak menggunakan kreativitas mereka dan mendukung perkembangan imajinasi, ketangkasan, pertumbuhan fisik, kognitif, dan emosional. Bermain juga penting untuk perkembangan otak yang sehat. Jadi, pastikan Bunda memberikan waktu bermain di luar ruangan yang cukup untuk Si Buah Hati sejak usia Toddler untuk mendukung dan melindungi langkah eksplorasinya ya!