Stimulasi

Horee, Aku Bisa Pakai Baju Sendiri

06-11-2020

Horee, Aku Bisa Pakai Baju Sendiri

Banyak hal yang bisa dipelajari si Kecil dalam proses tumbuh kembangnya, seperti menggunakan baju sendiri. Hal ini merupaka salah satu contoh stimulasi si Kecil melalui psikomotoriknya.

Dalam mencapai tumbuh kembangnya yang optimal, si Kecil perlu menguasai beberapa kemampuan dasar. Salah satunya adalah menggunakan baju sendiri. Simak cara mudah mengajarkannya memakai baju tanpa bantuan orangtua.

Dapatkan Perhatian Si Kecil

Si Kecil ingin merasa mandiri, tapi masih membutuhkan dorongan orangtua untuk proses belajarnya. Dorong eksplorasinya dan dukung stimulasi dengan menyentuhnya secara perlahan, membuat kontak mata, atau bimbinglah dengan sabar menggunakan suara yang lembut. Walau sederhana, trik ini efektif untuk meningkatkan kemampuan atensi dan bahasanya.

Ajarkan Sejak Dini

Pada tahapan usia 3+, si Kecil sudah bisa diajarkan untuk berpakaian atau melepaskan pakaiannya sendiri. Gunakan kata-kata singkat dan sederhana untuk menstimulasinya dalam meniru gerakan yang Bunda lakukan. Bimbing si Kecil langkah demi langkah serta. Berikan sedikit bantuan sampai mereka dapat melakukan semuanya sendiri. Jangan lupa memberi pujian untuk aksi cerdasnya.

Pilih Waktu yang Tepat

Pilihlah saat yang tepat untuk mengajarinya membuka atau memakai baju, misalnya untuk mandi atau saat akan pergi keluar rumah. Sebagai awal, berikan pakaian yang mudah dilepas dan dipakai sendiri misalnya, celana berkaret dan pakaian dengan kancing besar atau Velcro. Selain itu, pilihkan pakaian yang ukurannya pas dan nyaman untuknya bergerak.

Mulailah dari Dasar

Pertama-tama, ajarkan membuka baju, yang lebih mudah dilakukan daripada mengenakannya, karena membutuhkan lebih banyak koordinasi tubuh. Mulailah dari yang termudah, yaitu melepaskan kaus kaki. Tingkatkan dengan melepaskan sepatu setelah melonggarkan tali. Setelah menguasainya, biasakan untuk melepas atau memakai jaket, celana, dan baju dengan membuka-tutup resleting. Membuka kancing membutuhkan kemampuan atensi dan psikomotorik, sehingga dukung terus walau si Kecil sudah ingin menyerah.

Semangati si Kecil untuk terus mencoba menguasai keterampilan dasar ini untuk menumbuhkan kemandirian dan rasa percaya dirinya. Terapkan dengan sepenuh hati dan DANCOW akan selalu mendukung. Cinta Bunda agar Ia Berani Bereksplorasi #DANCOWLindungi.