Nutrisi

Perhatikan 3 Hal Ini Saat Memberikan Probiotik untuk Si Buah Hati

03-12-2021

eranan bakteri yang menguntungkan pencernaan

Tidak semua bakteri memberikan dampak negatif buat si buah hati. Ada bakteri yang justru dibutuhkan agar tubuh tetap sehat. Beberapa peranan bakteri yang menguntungkan untuk Si Buah Hati antara lain: membantu pencernaan, menyerap nutrisi, dan melawan kuman lain yang dapat membuat Si Buah Hati jatuh sakit.

Pada umumnya, bakteri baik dapat ditemukan di saluran pencernaan Si Buah Hati  sejak mereka berada dalam kandungan meski kebanyakan bakteri baik ini didapatkan Si Buah Hati setelah mereka lahir.  Mikrobioma yang ada di saluran pencernaan terdiri dari bakteri baik yang dapat ditemukan di usus besar dan memiliki banyak peran. Salah satu peranan bakteri yang menguntungkan untuk saluran pencernaan adalah memberikan perlindungan dari organisme membahayakan yang dapat masuk ke tubuh melalui asupan makanan atau minuman.

Agar peranan bakteri yang menguntungkan ini dapat bekerja optimal di saluran pencernaan Si Buah Hati, Bunda dapat memberikan suplemen probiotik yang mengandung bakteri baik. Namun sebelum memberikan probiotik, perhatikan dulu hal-hal berikut ini ya, Bunda.

Probiotik Dapat Ditemukan dalam Berbagai Macam Makanan

image

Probiotik hadir bukan hanya dalam bentuk suplemen tambahan. Banyak makanan, terutama makanan fermentasi, sudah mengandung probiotik alami. Misalnya saja keju, tempe, dan acar. Meskipun begitu, jika Si Buah Hati memang kekurangan probiotik, Bunda juga bisa melengkapinya dengan tambahan suplemen probiotik.

Baca Juga: Yuk Bunda, Kenalan dengan Probiotik, "Si Bakteri Baik"!

Tambahkan Makanan dengan Probiotik ke Dalam Menu Makanan Anak

image

Bunda juga dapat menambahkan makanan yang mengandung probiotik ke dalam menu makanan Si Buah Hati sehari-hari. Agar Si Buah Hati mau mengonsumsinya, Bunda bisa membuat variasi seperti es krim dari yoghurt atau mencampurkan makanan dengan probiotik tersebut dengan makanan Si Buah Hati lainnya. Misalnya dengan memasukkan keju cheddar atau mozarella ke dalam biskuit sebagai finger food untuk Si Buah Hati.

Diskusikan Dahulu dengan Dokter

image

Sampai saat ini belum ada penelitian yang pasti kapan dan berapa dosis probiotik yang sebaiknya diberikan kepada Si Buah Hati. Jadi, agar peranan bakteri yang menguntungkan untuk Si Buah Hati ini dapat bekerja optimal, sebaiknya Bunda mendiskusikannya terlebih dahulu dengan dokter anak terkait pemberian probiotik untuk Si Buah Hati.

DANCOW 1+ Nutritods adalah susu pertumbuhan yang diformulasi untuk anak Indonesia usia toddler 1-3 tahun, dengan kandungan 0 gram sukrosa, tinggi kalsium & protein, minyak ikan, omega 3 & 6, serat pangan inulin dan mikronutrien lainnya, serta Lactobacillus rhamnosus. Lactobacillus rhamnosus sendiri merupakan salah satu jenis probiotik yang membantu melindungi saluran pencernaan Si Buah Hati.

Setelah memahami peranan bakteri yang menguntungkan untuk Si Buah Hati, Bunda ingin mendapatkan inspirasi makanan atau nutrisi lainnya yang baik untuk tumbuh kembang anak? Yuk, cek Piring Nutrisi DANCOW untuk mendapatkan panduan inspirasi makanan dengan gizi yang lengkap dan seimbang dari ahli nutrisi DANCOW. Pastikan asupan nutrisi Si Buah Hati di masa toddler terpenuhi, karena eksplorasinya mulai dari sini.