Stimulasi

4 Cara Menyenangkan yang Bisa Bunda Coba untuk Melatih Anak Berbicara

01-10-2021

Cara melatih anak berbicara dengan bermain

Berbicara adalah salah satu kemampuan yang penting dimiliki Si Buah Hati sehingga Bunda perlu memahami cara melatih anak berbicara sesuai dengan tahapan usianya. Meskipun ini memang kemampuan alami yang dimiliki tiap anak, namun stimulasi berbagai cara melatih anak berbicara juga penting dilakukan oleh orang tua agar kemampuan bicaranya semakin optimal. Sejak Si Buah Hati lahir, ia tentu mengeluarkan banyak suara. Namun Bunda tentu ingin Si Buah Hati mengembangkan kosakatanya jadi lebih banyak lagi seiring pertambahan umurnya. Jika diberikan stimulasi yang tepat sesuai usia, ia dapat memahami hingga 500 kata ketika mencapai usia 3 tahun.

 

Ada berbagai cara yang bisa Bunda lakukan di rumah sebagai bentuk stimulasi untuk melatih kemampuan bicara dan mengoptimalkan tumbuh kembang Si Buah Hati, misalnya dengan mengajak Si Buah Hati mengobrol. Selain itu, ada beberapa cara melatih anak berbicara lainnya yang bisa Bunda lakukan dengan menyenangkan di rumah untuk mengasah kemampuan bicara Si Buah Hati. Yuk, simak pembahasannya berikut ini.

 

  1. Membacakan Dongeng

image

Bunda bisa membacakan buku misalnya buku dongeng sebagai salah satu cara melatih anak berbicara. Menurut penelitian yang ada, rajin membacakan buku untuk Si Buah Hati akan membantu anak mengetahui lebih banyak kosakata dan memiliki pemahaman yang lebih baik saat usianya bertambah besar. Bunda bisa membacakan seri Dongeng Aku Dan Kau dari DANCOW yang berkisah tentang dongeng asli Indonesia. Selain membacakan Dongeng Aku Dan Kau, ada berbagai aktivitas seru lainnya yang dapat Bunda lakukan bersama Si Buah Hati di laman website Dongeng Aku Dan Kau untuk melatih kemampuan bicara Si Buah Hati.

 

  1. Respon Suara-Suara yang Dikeluarkan Anak dengan Kata-Kata

 

image

 

Cara melatih anak berbicara lainnya adalah dengan merespon suara yang dikeluarkan Si Buah Hati dengan kata-kata. Si Buah Hati memang belum bisa bicara dengan jelas, kosakatanya pun terbatas. Namun sebaiknya Bunda tetap merespon suara-suara yang dikeluarkan oleh Si Buah Hati sehingga menstimulasinya untuk mengobrol dengan Bunda.

 

Baca Juga: Asah Kemampuan Berbahasa si Kecil dengan Lagu Sederhana

 

 

  1. Berikan Pilihan dan Ajak Si Buah Hati Menyebut Pilihannya

image

Bunda bisa menambah kosakata Si Buah Hati saat berbicara lewat aktivitas sehari-hari, misalnya menawarkan pilihan dan mengajak Si Buah Hati menyebut pilihan jawabannya. Ini bisa jadi cara melatih anak berbicara yang menyenangkan. Misalnya, ajukan pilihan “Adik mau pakai baju biru atau kuning?” lalu mintalah Si Buah Hati menjawab. Ulang-ulang pertanyaan dan pilihannya sehingga lama kelamaan Si Buah Hati dapat memahami dan menjawab dengan baik.

 

  1. Mengucapkan Kata-Kata dengan Jelas untuk Ditiru Si Buah Hati

image

 

Saat berbicara kepada Si Buah Hati, ucapkanlah kata-kata dengan jelas seperti saat Bunda berbicara dengan orang dewasa. Ini adalah salah satu cara melatih anak berbicara dengan pengucapan yang baik dan benar. Misalnya ketika menyebut susu, maka sebutlah “susu” dan bukan “cucu”. Dengan begitu Si Buah Hati juga akan terlatih untuk meniru pengucapan kata-kata dengan baik.

 

Selain melakukan berbagai stimulasi tadi sebagai cara melatih anak berbicara, jangan lupa juga untuk melengkapi asupan nutrisi Si Buah Hati agar kemampuan bicaranya berkembang optimal. Bunda bisa memberikan DANCOW 1+ Nutritods. DANCOW 1+ Nutritods adalah susu pertumbuhan yang diformulasi untuk anak Indonesia usia toddler 1-3 tahun, dengan kandungan 0 gram sukrosa, tinggi kalsium & protein, minyak ikan, omega 3 & 6, serat pangan inulin dan mikronutrien lainnya serta Lactobacillus rhamnosus. Dapatkan nutrisi yang lengkap dengan mengajak Si Buah Hati minum DANCOW maksimal sehari 2 kali. Yuk Bunda, pastikan Si Buah Hati tak hanya mendapatkan stimulasi sesuai usia tapi juga asupan nutrisi yang terpenuhi, karena eksplorasinya mulai dari sini