Parenting

Cara Cepat Belajar Membaca Si Buah Hati Saat Bunda Sibuk Bekerja

10-11-2020

Cara Ajarkan Si Kecil Belajar Membaca kala Bunda Sibuk Bekerja

Menyediakan waktu untuk mengajarkan Si Buah Hati bagi sebagian orang tua bisa jadi tantangan tersendiri. Terutama bagi mereka yang keduanya bekerja dan tinggal di kota besar. Masalah utama mungkin bukan di faktor pekerjaan, tetapi kemacetan yang kian parah. Lalu, bagaimana cara cepat belajar membaca dan lainnya untuk Si buah Hati? 

 

Pertama-tama, kondisi yang sering terjadi adalah seperti berikut ini.  Bunda harus berangkat pagi-pagi sekali dan ketika pulang kantor terpaksa menghabiskan waktu berjam-jam di jalanan akibat macet. Sesampainya di rumah, Si Buah Hati sudah mengantuk atau sudah tidur. Itu tandanya Bunda hanya memiliki waktu di akhir pekan untuk mendampingi si Kecil dalam proses belajar dan tumbuh kembangnya.

 

Bunda tidak perlu merasa bersalah. Orang tua masih bisa membantu Buah Hatinya belajar baca dan kemampuan lainnya dengan menggunakan berbagai macam cara. Hal ini penting karena Si Buah Hati sudah memasuki usia prasekolah. Meski kemampuan membaca bukan sebagai milestones yang harus dicapai pada usia prasekolah, Bunda tetap harus memperkenalkannya. 

 

Cara cepat belajar membaca biasanya dimulai dengan memperkenalkan abjad pada Si Buah Hati. Bunda perlu pula mencari tahu gaya belajarnya sehingga bisa memberikan bimbingan yang sesuai dengan kebutuhannya.

 

Supaya Ayah dan Bunda tidak bingung harus memulai mengajari si Buah Hati, berikut cara cepat belajar membaca yang dapat diikuti. 

 

1. Membaca Papan yang Dilewati di Jalan

Manfaatkan waktu di jalan untuk mengajak Si Buah Hati memperhatikan situasi lalu lintas termasuk billboard dan spanduk di jalan. Saat itulah, Bunda bisa memperkenalkannya kepada beberapa huruf dari berbagai tulisan yang dilewati. Kebiasaan ini sebenarnya menjadi seperti permainan bagi Si Buah Hati. Pastinya, ia akan menikmati cara cepat belajar membaca yang pertama ini.

 

2. Mengobrol Tentang Suasana di Jalan

Bunda mau anak cepat belajar membaca? Salah satu caranya adalah dengan memperkaya kosakata Si Buah Hati. Bunda bisa memulainya dengan bercerita atau lebih sering mengobrol dengannya. 

 

Jika terjebak kemacetan di jalan, Bunda bisa mengajak mengobrol Si Buah Hati. Deskripsikan situasi sekitar dengan bahasa yang menarik sehingga tanpa disadari bisa mengembangkan kemampuan berbahasa serta menambah kosakatanya.

 

3. Sediakan Buku Bergambar di Kendaraan

Selain bercerita, buku juga bisa menjadi sarana atau alat mengajarkan Si Buah Hati membaca lebih cepat, lho. Jika Buah Hati mulai terlihat bosan saat menghadapi kemacetan, Bunda dapat membacakan cerita dari buku tersebut. 

 

Jangan lupa ajak dia untuk melihat-lihat gambarnya. Biarkan ia berkomentar soal gambar ataupun cerita yang disampaikan. Ini bisa melatih rasa penasarannya untuk membaca dan kemampuannya menyampaikan suatu pendapat.

 

4. Manfaatkan Gadget

Bunda jangan selalu memusuhi gadget. Tahukah penggunan untuk tujuan dan durasi yang tepat justru bisa membantu Si Buah Hati belajar. Coba Bunda mengunduh aplikasi edukatif yang bisa mengembangkan ketertarikan Si Buah Hati belajar membaca.  Misanya,l aplikasi tentang pengenalan abjad, mengeja kata sederhana, menghubungkan antara gambar dan huruf, dan sebagainya.

 

5. Lengkapi Nutrisi untuk Otak

Tak cuma perut yang membutuhkan makanan, otak Si Buah Hati pun memerlukannya untuk mendapatkan gizi seimbang. Tahukah Bunda kalau anak yang kurang nutrisi justru dapat berkurang kemampuannya secara akademis, bahkan sulit fokus dan tak bisa berpikir kritis? Untuk itu, Bunda memerlukan makanan atau minuman pelengkap nutrisi.

 

Salah satunya adalah DANCOW 3+ Nutritods. Produk DANCOW ini merupakan susu pertumbuhan yang diformulasi untuk usia prasekolah 3-5 tahun. Kelebihannya adalah  mengandung 0 gram sukrosa, tinggi zat besi, zink, minyak ikan, omega 3, omega 6, serat pangan, tinggi vitamin A, vitamin  C, Lactobacillus rhamnosus, serta mikronutrien lainnya. Semua kandungan yang disebutkan tadi dibutuhkan tubuh dan otak anak selama masa tumbuh kembang. 

 

Itu tadi beberapa cara cepat belajar membaca yang bisa diterapkan Bunda. Meskipun waktu yang Ayah dan Bunda untuk mengajari Si Buah Hati membaca tidak rutin setiap hari, pastikan untuk memberikannya quality time. Tinggal manfaatkan kondisi sekitar sekreatif mungkin, termasuk menjadikan gadget, buku, dan mainan sebagai alat bantu.