Stimulasi

Bunda, Yuk Ketahui Tata Cara Bermain di Taman Bermain!

10-11-2020

Bunda, Yuk Ketahui Tata Cara Bermain di Taman Bermain!

Bermain di playground bisa jadi pilihan menyenangkan untuk menghabiskan akhir pekan. Selain meningkatkan aktivitas fisik, juga dapat mengembangkan kemampuan psikomotorik yang baik bagi tumbuh kembang si Kecil.

Taman bermain ini juga menjadi tempat berkumpulnya anak-anak dan orang tua, sehingga menjadi wadah yang tepat untuk mengasah keterampilan sosial dan kemampuan bahasanya, lho.

Sebelum memutuskan pergi ke playground, ada beberapa aturan tertulis yang harus ditaati oleh anak-anak dan pendampingnya, dalam hal ini orang tua. Etika apa saja yang harus dilakukan selama berada di taman bermain?

Bergantian Menggunakan Permainan

Baru saja Bunda mendorong si Kecil di ayunan, kemudian anak-anak mulai berkumpul menunggu giliran memainkannya. Ini adalah kesempatan yang baik untuk mengajarkan si Kecil tentang pentingnya antri dan bergantian. Berikanlah batasan waktu untuk bermain, kemudian biarkan anak lain mencoba permainan tersebut. Begitu pula sebaliknya.

Mengingatkan Si Kecil untuk Mengikuti Aturan

Playground biasanya dilengkapi dengan peralatan dan permainan yang dapat dimainkan oleh beragam usia. Untuk menjamin keselamatan dan keamanan selama bereksplorasi, dukung stimulasi si Kecil untuk memilih permainan yang dirancang seusia dengan tahapan usianya. Selain itu, selalu dampingi atau awasi penggunaannya agar tidak merugikan diri sendiri maupun orang lain yang ada di area playground.

Menegur Anak Lain

Ketika melihat anak lain mendominasi permainan dan tidak mau mengantri, bahkan mulai mendorong anak-anak lainnya, ingatkan dengan tegas, tapi dengan tetap tenang dan santun. Bukan tugas Bunda untuk mendisiplinkan anak orang lain, tapi mintalah kesediaannya untuk bekerjasama.

Apabila anak tersebut masih mengabaikan, Bunda bisa memberitahukan kepada orang tuanya untuk menangani situasi yang terjadi. Hal ini juga dapat memberikan contoh yang baik untuk si Kecil untuk meningkatkan kemampuan penyelesaian masalah.

Ikut Menjaga Kebersihan

Terkadang Bunda membawa makanan atau minuman untuk menemani si Kecil bermain. Bereskan sebelum pulang untuk ikut menjaga kebersihan playground. Stimulasi anak untuk melakukan hal yang sama. Keadaan taman yang bersih dan bebas sampah tentunya lebih menyenangkan bagi semua orang.

Perhatikan etika-etika di atas sebelum memulai hari yang menyenangkan di taman bermain ya, Bunda.