Parenting

Bunda, Jangan Lupa Bawa Barang-barang Ini Sebelum Travelling dengan Anak

09-11-2020

Pahami Terlebih Dahulu Apa Saja Yang Harus Dibawa, Sebagai Persiapan Traveling Dengan Anak

Liburan atau traveling menjadi salah satu cara bagi keluarga untuk melepas penat dari rutinitas sekaligus menjadi salah satu cara untuk lebih mempererat serta  menghangatkan ikatan keluarga, khususnya bagi anak-anak.

Karena menurut salah seorang psikolog sekaligus penulis buku asal Amerika Serikat, Oliver James, mengatakan bahwa traveling bersama keluarga adalah sebuah momen berharga bagi seorang anak, dan akan terus ia kenang sepanjang hidupnya baik ketika liburan maupun sesudahnya, dan akan membuatnya menjadi pribadi yang ceria.  

Pada saat traveling para orang tua pun dituntut agar dapat memberikan sebuah pengalaman baru yang tidak terlupakan bagi sang anak terlebih apabila usianya masih balita, dimana ia masih harus banyak mempelajari berbagai hal baru.

Disamping itu, agar traveling terasa sangat menyenangkan dan memberikan kesan mendalam bagi Si Buah Hati, Maka sebagai persiapan traveling dengan anak, orang tua harus memeriksa beberapa peralatan yang harus dibawa agar sang buah hati tetap menikmati ‘petualangan’ nya tersebut.

Menurut studi  yang dilakukan oleh beberapa psikolog anak bersama dengan salah satu jasa perjalanan dunia, dengan mewawancarai 12.000 orang tua di 25 negara yang menjadi responden, didapati bahwa 43 persen orang tua yang menyatakan bahwa kotak pertolongan pertama adalah benda yang wajib dia saat liburan bersama balita sebagai persiapan traveling dengan anak.

Sementara itu, sebanyak 42 persen justru menjawab makanan ringan menjadi hal yang sangat penting dibawa jika terjadi kebutuhan mendesak bagi sang anak ketika traveling. Dan 41 persen orang tua justru menjawab pelindung matahari serta obat anti nyamuk adalah barang yang wajib dibawa untuk kebutuhan traveling balita.

Di bawahnya, terdapat 31 persen yang menyatakan harus mencatat beberapa barang wajib yang harus dibawa juga sebagai persiapan traveling bersama anak, antara lain:

1. Pakaian yang sesuai tujuan serta kaos kaki

Tidak perlu membawa banyak pakaian bagi Si Buah Hati, namun orang tua harus benar –benar memahami tujuan wisata yang akan dikunjungi apakah panas atau dingin sehingga bisa disesuaikan dengan kebutuhan. Yang terpenting selalu usahakan baju anak menyerap keringat dengan baik serta kaos kaki untuk menghindarinya dari udara yang berangin baik panas maupun dingin.

2. Pastikan membawa jaket, topi, dan alas kaki

Tidak peduli apakah cuacanya dingin atau panas, namun orang tua wajib membawa Jaket, topi, dan alas kaki . Ini sangat berguna bagi balita ketika dalam perjalanan seperti pesawat ataupun kereta agar terhindar dari udara kencang ataupun yang terlalu dingin. Untuk menambah semangat Si Buah Hati, orang tua juga bisa melibatkannya dalam memilih jaket, topi ataupun sepatu sesuai keinginannya.

3. Membawa perlengkapan balita

Perlengkapan balita bisa terdiri dari alat-alat mandi, gendongan, stroller (jika dibutuhkan), selimut, popok sekali pakai, cotton buds, dan lain sebagainya yang memang orang tua rasa cukup perlu untuk dibawa.

4. Botol minum beserta alat makannya

Dengan membawa botol minuman, orang tua bisa dengan mudah mengontrol asupan air putih yang cukup bagi sang balita saat traveling. Untuk peralatan makan sendiri cobalah bawa yang memiliki penutup agar lebih praktis dan mudah digunakan dalam keadaan mendesak.

5. Selalu bawa mainan kesukaan Si Buah Hati

Banyak orang tua yang melupakan poin yang satu ini. Padahal dengan membawa mainan kesukaan sang buah hati, maka ia tidak akan cepat merasa bosan dan dapat lebih tenang saat traveling. Cobalah untuk mencari mainan kesukaannya yang berukuran kecil dan bisa disimpan didalam tas.

Namun, dari semua daftar peralatan yang harus dibawa saat traveling bersama balita, ada satu hal lain yang lebih penting untuk orang tua persiapkan. Yaitu mental, baik bagi sang buah hati maupun orang tua sendiri. persiapkan hal ini jauh hari agar si anak dapat lebih menikmati perjalanannya dan akan membuat travelling bersama keluarga menjadi momen favorit sepanjang hidupnya. 

Bunda yuk baca juga artikel Liburan Bersama Si Buah Hati di artikel "Kegiatan Edukatif di Luar Rumah untuk Mengisi Liburan"