Parenting

Cara Mendidik Anak yang Baik agar Suka Baca Buku

14-11-2020

Cara Mendidik Anak yang Baik agar Suka Baca Buku

Bunda, membaca adalah aktivitas yang sangat penting dan dapat berdampak jangka panjang. Sementara kebiasaan membaca sejak usia dini akan mendorong si Kecil tumbuh sebagai anak yang mudah mengungkapkan pendapat serta kritis terhadap sesuatu, ketika sudah dewasa.

Untuk itu, ada baiknya Bunda mengenalkan buku dan kegiatan membaca pada si Kecil ketika usianya menginjak 1 tahun. Nah, agar si Kecil gemar membaca, inilah cara jitu yang bisa Bunda lakukan.

1. Membacakan Cerita

Membacakan cerita kepada si Kecil akan menjadi kegiatan yang sangat menyenangkan dan banyak dampak positifnya. Misalnya si Kecil menjadi lebih dekat dengan Bunda, menciptakan perasaan sayang, membuat hubungan Bunda dan si Kecil semakin berkualitas, menanamkan moral pada si Kecil, dan, tentu saja membuatnya menyukai buku.

Waktu yang tepat untuk membacakan cerita adalah menjelang waktu tidur si Kecil. Pada saat ini, si Kecil sudah dalam keadaan santai dan lebih fokus dalam mendengarkan suara Bunda. Meski di usia satu tahun si Kecil belum terlalu mengerti akan cerita yang disampaikan, kegiatan membaca akan menambah kosakatanya.

2. Mendongeng Bersama

Buatlah aktivitas mendongeng dengan menggunakan alat peraga, misalnya boneka jari. Bunda bisa menciptakan dongeng sendiri atau yang sudah ada. Ketika mendengarkan dongeng, perhatian si Kecil akan terarah pada Bunda. Sehingga tertarik untuk mendengar cerita Bunda.

3. Jalan-Jalan ke Toko Buku

Mengenalkan buku dapat Bunda lakukan langsung ke sumbernya, seperti mengajak si Kecil ke toko buku. Di sana, si Kecil akan langsung melihat ribuan buku anak-anak. Bunda pun bisa memilih buku yang penuh warna, sehingga si Kecil tertarik. Membuka-buka halaman buku langsung di toko buku, akan menjadi momen yang melekat di otaknya.

4. Memilih Buku Sendiri

Cara lain agar si Kecil lebih mengenal buku adalah meletakkan beberapa buku di hadapannya. Biarkan dia memilih sendiri bukunya lalu Bunda jelaskan bila akan membacakan buku itu. Dengan demikian, si Kecil mengerti bahwa benda itulah yang akan menjadi aktivitasnya saat itu.

5. Eksplorasi DANCOW Stimulearn

Mengasah hobi membaca si Kecil bisa juga melalui aplikasi DANCOW Stimulearn di ponsel pintar Bunda. Dalam perkembangannya, program DANCOW Stimulearn dirancang secara ilmiah oleh para ahli perkembangan anak di Nestle Research Center Switzerland. DANCOW Stimulearn merupakan aplikasi yang bersifat interaktif melalui sistem ASQ (Ages & Stage Questionnaires). Sehingga dapat memberikan stimulasi membaca pada si Kecil melalui permainan yang mengasyikkan.

Menggunakan DANCOW Stimulearn, Bunda bisa memilih Story House sebagai teman sebelum tidur si Kecil. Selain isinya yang menarik, ceritanya pun sudah cukup dikenal seperti Kelinci dan Kura-Kura, Singa dan Tikus, juga kisah persahabatan antara Matahari dan Angin.

Story House ini juga sangat menarik karena sudah dilengkapi dengan efek suara yang mengagumkan, sehingga ceritanya terasa lebih hidup. Bila sibuk, Bunda pun bisa merekam suara, dan si Kecil dapat mendengarkan orang tuanya bercerita melalui rekaman Story House.

Untuk Bunda, jangan lupa agar selalu mendampingi si Kecil saat mengakses DANCOW StimuLearn. Apalagi aplikasi ini juga dilengkapi dengan mother apps, sehingga bisa membantu Bunda memonitor kemajuan dan perkembangan kognitif si Kecil.

DANCOW Bantu Lindungi Eksplorasi si Kecil.