Nutrisi

Bunda, Yuk Cari Tahu Kandungan dan Manfaat Sayuran untuk Si Buah Hati Usia Toddler

24-08-2021

Manfaat sayuran untuk anak

Tahukah Bunda, ada banyak manfaat sayuran bagi Si Buah Hati? Memasuki usia satu tahun Si Buah Hati perlu didukung agar aktif bereksplorasi sehingga tumbuh kembangnya semakin optimal.  Untuk mendukung langkah eksplorasinya, ada banyak cara yang bisa Bunda lakukan. Salah satunya adalah dengan memberikan asupan nutrisi yang lengkap dan seimbang.

Untuk mendapatkan berbagai manfaat sayuran, Bunda bisa mulai memperkenalkan bermacam-macam sayuran di menu harian Si Buah Hati. Selain melengkapi asupan nutrisi harian Si Buah Hati, sayur-sayuran juga membantu menjaga kesehatan Si Buah Hati. Yuk, kenali apa saja kandungan nutrisi dalam sayuran yang bermanfaat untuk Si Buah Hati!

1. Vitamin A

image


Salah satu manfaat sayuran adalah memberikan asupan vitamin A. Vitamin A merupakan salah satu yang berperan penting dalam menjaga daya tahan tubuh jika disertai dengan konsumsi makanan lain yang bergizi seimbang . Vitamin A tak hanya penting untuk menjaga kesehatan mata, tapi juga meningkatkan fungsi sel darah putih, dan meningkatkan daya tahan tubuh Si Buah Hati terhadap infeksi. Karena anak-anak sedang dalam masa pertumbuhan, mereka membutuhkan asupan vitamin A yang cukup banyak untuk melindungi langkah eksplorasinya. Bahkan Si Buah Hati  di usia Toddler memerlukan asupan vitamin A lebih dari setengah kebutuhan orang dewasa pria dan wanita usia 19-29 tahun. Pria dan wanita usia 19-29 tahun membutuhkan 600-650 RE sedangkan Si Buah Hati usia Toddler membutuhkan 400 RE setiap harinya. Selain itu, Si Buah Hati membutuhkan lebih banyak asupan vitamin A karena ia lebih rentan terkena infeksiBeberapa sayuran yang tinggi kandungan vitamin A antara lain: wortel, labu, serta sayur-sayuran yang berdaun hijau.

2. Vitamin C

image

Manfaat sayuran lainnya adalah kandungan vitamin C yang baik untuk Si Buah Hati. Bunda tentu sering mendengar bahwa vitamin C adalah vitamin yang baik untuk menjaga daya tahan tubuh. Vitamin C memang dapat meningkatkan daya tahan tubuh dan serta melindungi sel-sel dari kerusakan radikal bebas. Selain itu, vitamin C juga berperan dalam menjaga kesehatan paru-paru, kesehatan kulit, tulang, dan juga pembuluh darah. Dengan asupan vitamin C yang cukup dan konsumsi makanan dengan gizi seimbang, daya tahan tubuh Si Buah Hati dapat terjaga dengan optimal. Ketika Si Buah Hati sehat, maka langkah eksplorasinya juga terlindungi. Adapun beberapa sayuran yang tinggi akan kandungan vitamin C antara lain: kubis, kembang kol, bayam, dan brokoli

Baca Juga: Penuhi Kebutuhan Nutrisi Agar Si Buah Hati Tumbuh Optimal

3. Zink

 

image

Zink merupakan salah satu mineral yang juga tak kalah penting dalam menjaga sistem kekebalan tubuh Si Buah Hati. Karena tubuh tidak dapat menyimpan zink, maka Si Buah Hati memerlukan asupan zink yang cukup tiap hari. Dengan mendapatkan asupan zink yang cukup dan asupan makanan dengan gizi seimbang, maka respon antibodi Si Buah Hati pun akan meningkat. Zink dapat ditemukan secara alami di beberapa sayuran seperti buncis, labu dan lentil, dan terkadang juga ditambahkan ke dalam beberapa jenis makanan misalnya sereal, susu, roti, dan biskuit.

4. Serat Pangan

image

Sejak dulu, serat pangan sudah dikenal sebagai makanan bergizi yang memiliki manfaat baik.  Salah satu jenis serat pangan yang baik adalah serat pangan inulin. Jenis serat yang satu ini merupakan makanan bagi bakteri baik yang ada di usus Si Buah Hati dan dapat dengan mudah ditemukan pada sayur-sayuran. Dengan berkembangnya bakteri baik, maka pertumbuhan bakteri jahat di saluran cerna Si Buah Hati pun berkurang sehingga Si Buah Hati jadi tidak mudah sakit dan dapat bebas bereksplorasi sesuka hati.

Selain berbagai macam sayuran untuk memenuhi kebutuhan nutrisi Si Buah Hati, Bunda juga bisa memberikan DANCOW Nutritods 1+. DANCOW Nutritods 1+ adalah susu pertumbuhan yang diformulasi untuk anak Indonesia usia Toddler 1-3 tahun, dengan kandungan 0 gram sukrosa, 3x vitamin D dibanding formula sebelumnya, minyak ikan, serta Lactobacillus rhamnosus.

Bunda tak perlu bingung bagaimana mengolah masakan yang tepat agar mendapatkan manfaat sayuran untuk Si Buah Hati. Bunda bisa menemukan inspirasi makanan dengan gizi yang lengkap dan seimbang dari ahli nutrisi DANCOW di Piring Nutrisi DANCOW. Yuk Bunda, pastikan asupan nutrisi Si Buah Hati di masa Toddler terpenuhi, karena eksplorasinya mulai dari sini.