Stimulasi

5 Permainan Edukatif untuk Perkembangan Anak Usia 1 Tahun

26-04-2021

5 Permainan Edukatif untuk Perkembangan Anak Usia 1 Tahun

Perkembangan anak yang begitu cepat mungkin membuat Bunda tak menyadari, Si Buah Hati satu tahun. Selamat untuk kedua orang tua! Pada usia ini, Bunda perlu mendorong tumbuh kembang anak dengan kasih sayang, nutrisi juga perhatian. Tahap perkembangan anak di usia 1 tahun meliputi kemampuan motorik kasar, komunikasi dan bahasa, motorik halus dan kemampuan sosial dan emosional.

 

Si Buah Hati yang mulai bisa berdiri dan berjalan dalam waktu singkat, mulai aktif berbicara, memegang benda di sekitarnya hingga mengekspresikan perasaannya adalah ciri-ciri tumbuh kembang anak yang optimal. Yuk, Bunda, dukung perkembangan anak usia satu tahun dengan 5 permainan edukatif berikut ini.

 

Busy Book

Mainan edukatif yang menjelaskan kegiatan yang dilakukan anak-anak ini sangat baik untuk perkembangan anak satu tahun untuk mengenali bentuk, tekstur, dan warna. Busy Book umumnya terbuat dari kain flanel bertekstur lembut sehingga sangat aman untuk kulit anak usia 1 tahun. Tak hanya itu, Busy Book juga dapat melatih indera penglihatan Si Buah Hati dan kreativitasnya. Bunda juga dapat membuat Busy Book sendiri, lho. Yang Bunda butuhkan adalah kain flanel lembut, gunting, jarum dan benang untuk menjahit kain flanel sesuai dengan gambar yang diinginkan.

 

Mainan Ring Donat

Untuk mendukung tahap perkembangan anak pada aspek motorik, mainan ring donat dengan berbagai bentuk dan warna cocok untuk perkembangan anak 1 tahun. Pada fase umur satu tahun, Si Buah Hati mulai gemar menyentuh benda di sekitarnya. Saat melihat ring donat, ia akan tergerak untuk menyusun ring menjadi menara dengan susunan yang menarik. Mainan Ring Donat juga sangat baik untuk melatih kreativitas dan daya imajinasi anak.

 

 

Mainan Rattle

Jenis mainan ini memiliki banyak warna dan dapat mengeluarkan bunyi. Beberapa jenis seperti rattle stick, gelang tangan dan kaki rattle, rattle ball dan ada juga gantungan rattle yang sangat baik untuk perkembangan anak 1 tahun. Mainan edukatif jenis ini juga bermanfaat melatih fokus, kemampuan motorik dan ketangkasan Si Buah Hati. Rattle yang dapat digigit juga berguna untuk merangsang pertumbuhan gigi anak usia 1 tahun.

 

Puzzle

Untuk melatih sedikit demi sedikit kemampuan problem solving, Bunda bisa memberikan permainan puzzle dengan kepingan berukuran besar. Beri waktu Si Buah Hati untuk berpikir dan mencoba potongan mana yang sesuai dengan gambar. Jika anak selalu antusias, Bunda bisa memberikan puzzle dengan potongan yang lebih kecil dan mungkin sedikit lebih rumit.

 

Lego

Permainan yang satu ini bisa dibilang sangat baik untuk mempererat ikatan Bunda dan Si Buah Hati. Sediakan waktu untuk menyusun lego bersama anak dan berikan kesempatan ia untuk berkreativitas dan berimajinasi. Saat menyusun dan menghancurkannya lagi sesuai keinginannya, tumbuh kembang anak dari segi kreativitas akan semakin terasah. Permainan lego juga dapat menjadi sarana perkenalan warna dan bentuk sehingga baik untuk indera penglihatan.

 

Rekomendasi mainan di atas bisa dimainkan Si Buah Hati saat berada di dalam rumah. Imbangi juga dengan permainan outdoor seperti berjalan di halam rumah dan aktivitas lainnya agar perkembangan anak juga seimbang.

 

Penuhi nutrisi dengan gizi seimbang dan minum DANCOW 1+ Nutritods. DANCOW 1+ Nutritods adalah susu pertumbuhan yang diformulasi untuk anak Indonesia usia toddler 1-3 tahun, dengan kandungan 0 gram sukrosa, lebih banyak laktosa dibandingkan formula sebelumnya, tinggi kalsium & protein, minyak ikan, omega 3 & 6, serat pangan inulin dan mikronutrien lainnya serta Lactobacillus rhamnosus. DANCOW 1+ Nutritods juga bantu dukung eksplorasi masa Toddler Si Buah Hati usia 1-3 tahun untuk tumbuh kembang Si Buah Hati.