Stimulasi

Cara Seru untuk Mendorong Si Buah Hati Senang Belajar Menulis

03-12-2021

Anak belajar menulis

Belajar menulis memang akan didapatkan Si Buah Hati saat ia memasuki sekolah dasar nantinya. Namun, sebelum ia menempuh pendidikan SD pun sebenarnya Bunda sudah bisa mengasah kemampuan Si Buah Hati dan mengajaknya belajar menulis, lho. Apalagi menurut sebuah penelitian yang pernah dipublikasikan di Jurnal Pediatrics, anak-anak umumnya  mulai memiliki genggaman yang lebih kuat pada usia 5 tahun, sehingga usia 5 tahun menjadi usia yang tepat untuk mengajarkan Si Buah Hati mulai belajar menulis.  Dengan mengajarkan Si Buah Hati kemampuan menulis, ia pun akan jadi lebih pandai menulis dengan rapi dan lancar saat memasuki sekolah nanti.

 

Cara mendidik anak yang Bunda terapkan di rumah berperan penting dalam mengasah kemampuan menulis Si Buah Hati. Jika Bunda ingin mengajarkan Si Buah Hati untuk belajar menulis di usia balita, sebaiknya pilihlah metode yang menyenangkan sehingga anak tidak merasa terbebani. Dengan begitu, Si Buah Hati dapat menganggap bahwa belajar menulis adalah suatu hal yang menyenangkan dan akan ia ingat sebagai suatu hal yang positif. Berikut ini beberapa cara seru dan menyenangkan yang bisa Bunda terapkan di rumah untuk mengajarkan sekaligus meningkatkan minat menulis Si Buah Hati.

 

 

  1. Eksperimen dengan Alat Tulis yang Berbeda

image

Sebelum Bunda mengajak Si Buah Hati belajar menulis, Bunda dapat mengajak Si Buah Hati untuk bereksperimen dengan menggunakan alat tulis yang berbeda-beda terlebih dahulu. Ajaklah Si Buah Hati mengenali perbedaan alat tulis seperti pensil, crayon, kapur, dan lain sebagainya. Setelah itu, biarkan Si Buah Hati menulis dan menggambar berbagai macam bentuk menggunakan alat tulis pilihannya agar ia menikmati proses belajar menulis nantinya.

 

  1. Gunakan alat Bantu Tulis

image

Saat ini sudah hadir berbagai alat bantu yang bisa mendukung Si Buah Hati belajar menulis dengan lebih menyenangkan lho, Bunda. Contohnya saja stensil huruf dan angka berbentuk penggaris yang bisa membantu Si Buah Hati menulis dengan rapi. Setelah terbiasa, tentunya Si Buah Hati diharapkan dapat belajar menulis bentuk-bentuk huruf dan angka tanpa bantuan.

 

Baca Juga: 8 Langkah Sukses Cara Mengajari Anak Belajar Menulis

 

  1. Manfaatkan Buku Tracing

image

Untuk mempermudah Si Buah Hati belajar menulis, Bunda bisa mengajaknya menebalkan huruf dan angka yang ada di buku trace the dot. Lewat buku semacam ini, anak perlu mengikuti titik-titik yang ada dengan alat tulis untuk membentuk sebuah huruf atau angka. Buku latihan semacam ini tak hanya bisa membantu Si Buah Hati belajar menulis, tapi juga memperkenalkan anak kepada huruf dan angka, serta meningkatkan fokus. Jika Si Buah Hati sudah terbiasa, Bunda bisa meningkatkan level belajar menulis anak dengan mengajaknya menebalkan huruf atau menjiplak huruf.

 

  1. Bereksperimen dengan Kegiatan Menulis

image 

Agar waktu belajar menulis semakin menyenangkan, Bunda bisa bereksperimen dengan kegiatan-kegiatan menulis yang berbeda. Misalnya saja mengajak Si Buah Hati menulis di kertas warna-warni atau mengajak Si Buah Hati untuk menulis di kertas besar menggunakan cat dan jarinya.

 

Agar Si Buah Hati terus semangat untuk belajar menulis, jangan lupa lengkapi asupan nutrisi Si Buah Hati ya Bunda. Berikan DANCOW 5+ Nutritods yang mengandung 0 gram sukrosa, tinggi zink, vitamin C, vitamin B6, B12, biotin, minyak ikan, omega 3 & 6, serat pangan, dan mikronutrien lainnya, serta Lactobacillus rhamnosus. Yuk Bunda, bantu lengkapi nutrisi Si Buah Hati dengan mengajaknya minum  DANCOW 5+ Nutritods 2 kali sehari. Bunda juga bisa menemukan inspirasi makanan dengan gizi yang lengkap dan seimbang untuk mendukung kemampuan belajar menulis Si Buah Hati dari ahli nutrisi DANCOW di Piring Nutrisi DANCOW. Yuk Bunda, pastikan asupan nutrisi Si Buah Hati di masa prasekolah terpenuhi, karena eksplorasinya mulai dari sini.